Dari Sembilan Golongan Lomba, Banten Raih Nilai Tertinggi di Ajang MTQN 2016

(gomuslim). Dalam Musabaqah Tilawatil Quran Nasional 2016 (MTQN 2016) Kafilah Banten tampil gemilang dari beberapa lomba. Kafilah Banten termasuk peserta yang disegani mengingat kafilah ini banyak menampilkan pesertanya dengan kemampuan yang luar biasa.

Sampai hari keempat perlombaan berlangsung Selasa (02/08/2016), Kafilah Banten telah mengikuti sembilan golongan lomba diantaranya, qiraat Alquran, tartil Quran putra dan putri, tahfiz 10 juz putra, tafsir bahasa Arab putra, syarhul Quran putri, kaligrafi Alquran, tilawah cacat netra putra dan putri serta tahfidz 20 juz putri.

Dari beberapa golongan lomba yang diselenggarakan, seperti cabang lomba syarhul Quran Kafilah Banten berhasil meraih nilai tertinggi dengan point 88,17 dan berhak lolos ke final bersama kafilah Jawa Barat, dan Sumatera Barat. Sedangkan pada cabang lomba hafiz 30 juz khusus putri juga dimenangi oleh Dewi Yukha Nidha asal Kafilah Banten dengan nilai tertinggi 97,50. Point yang diraih Dewi mengungguli peserta dari Kalimantan Timur dan DI Yogyakarta.

Pada sisi lain Ketua Harian LPTQ Banten Syibli Sarjaya pernah mengatakan di hari pertama lomba, bahwa pihaknya menganggap Kafilah DKI Jakarta dan Jawa Timur adalah lawan terberat bagi Banten. Meski demikian Ketua Komisi V DPRD Banten Yoyon Sunjana mengaku optimis jika peserta MTQ Nasional dari Banten dapat menjadi juara umum, terlebih sistem penilaian tahun ini sangat transparan dan dapat dipantau.

Selain mendapat dukungan dari DPRD, Gubernur Banten Rano Karno pun turut mengunjungi dan memperhatikan peserta lomba dari provinsinya di hari pertama, "Alhamdulillah para peserta sudah mulai bertanding hari ini. Kalo ditanya target, pasti setiap kafilah targetnya juara umum, termasuk Banten harus jadi juara umum. Untuk itu, kami terus berikan support," ujar Gubernur Banten yang kerap disapa Bang Dul ini.

Kafilah Banten banyak meraih point tertinggi selain yang telah disebutkan di atas ada juga di beberapa cabang perlombaan yang dimenangi oleh kafilah ini, yaitu:

  • Hafiz 20 juz oleh Muhammad Rifat Al Bana dengan peraihan point 98,83
  • Hiasan mushaf (putri) oleh Misfa Juwita dengan peraihan point 95,50
  • MKQ golongan naskah putri atas nama Rahmawati juga meraih nilai tertinggi 96,00
  • golongan qiraat putri Mastia Lestaluhu dengan nilai 90,33

 Sedangkan pada cabang perlombaan lainnya, banten berada di posisi kedua dan ketiga, namun jika diakumulasi, maka nilai keseluruhan Kafilah Banten dalam ajang MTQN 2016 dapat dikatakan berada pada posisi tertinggi. Meski demikian, perlombaan ini belum selesai, masih ada beberapa lomba yang harus diikuti dari masing-masing peserta. Sejak awal pemerintah baik Presiden Jokowi maupun Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin telah mengimbau bahwa ajang ini bukanlah sebagai ajang yang hanya membanggakan kafilah atau peserta dari daerah masing-masing, namun yang jauh lebih penting dari itu semua adalah untuk membumikan Alquran di masyarakat. (fh)


Back to Top