Seminar Internasional YPI Al Azhar

ICMI Bangun Jejaring Online untuk Masjid Lewat Platform I-Masjid

(gomuslim). Ketua Presidium Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI, periode 2010-2015) Ilham Akbar Habibie hadir dalam forum Seminar Internasional bertema “Peran Masjid Dalam Membentengi Umat Islam Dari Pemikiran Menyimpang” pada Kamis (4/08/2016) di Aula Buya Hamka Komplek Masjid Al Azhar, Jakarta Selatan. Pada kesempatan tersebut, putra pertama Presiden ke-3 Indonesia B.J. Habibie ini memperkenalkan kepada para praktisi dakwah dan masjid sebagai peserta seminar tentang program baru ICMI yang sudah dipersiapkan sejak beberapa tahun yang lalu.

Adalah I-Masjid, sebuah platform media online yang menghubungkan Masjid-Masjid di Indonesia untuk bersama bersinergi postif dalam dakwah Islam melalui perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Ilham menjelaskan bahwa konsep I-Masjid adalah salah satu upaya mewujudkan fungsi masjid sebagai wadah sosial dan pusat pelayanan publik. "Masjid bukan sekadar tempat beribadah," katanya.

Sebagai rangkaian program tersebut, akan dibangun pula i-net, jaringan komunikasi yang menghubungkan semua masjid. Melalui jaringan tersebut, setiap masjid di Indonesia dapat mengakses informasi berkaitan dengan ajaran Islam ataupun data seputar ICMI.

Lanjut Ilham, platform I-Masjid ini adalah sebuah media sosial sejenis Facebook, Twtter, dan Whatsapp yang kehadirannya diharapkan bisa mendorong sinergi dari Masjid-Masjid di seluruh Indonesia. Jaringan online ini adalah yang pertama kali dilakukan di Indonesia untuk menjalin komunikasi dakwah masjid-masjid tersebut dengan memanfaatkan teknologi infoormasi dan komunikasi seperti sekarang.

Adapun I-Masjid mempunyai empat pilar penting dalam konten utamanya, yaitu KeIslaman, pendidikan, kesehatan, dan ekonomi. Keempat pilar ini menjadi acuan Imasjid dalam mengedukasi masyarakat melalui platform sosial keislaman di masjid-masjid seluruh Indonesia. Awal tahun 2016 ini, sebagai pilot project, Imasjid sudah menggaet lima Masjid di lima daerah Indonesia, di antaranya adalah Masjid Agung Al Azhar Jakarta, Masjid Salman ITB Bandung, Masjid Unsyiah Banda Aceh, Masjid Universitas Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Masjid UIN Ambon, serta masih terus berlangsung untuk mengajak serta Masjid-Masjid lainnya di Nusantara.

Lebih lanjut, I-Masjid adalah jejaring masjid dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan pemberdayaan umat dan masyarakat umum di sekitarnya dalam bidang edukasi, kesehatan, dan ekonomi.adapun visi-misinya adalah mengembalikan fungsi masjid sebagai pusat peradaban, memberdayakan masyarakat di sekitar masjid melalui layanan edukasi, kesehatan, dan ekonomi berbasis internet, dan membangun jejaring kolaborasi antar masjid, dari masjid besar hingga masjid kecil tanpa dibatasi jarak. Jika masyarakat  mempunyai pertanyaan atau ingin memasukkan masjid lingkungan sekitar mereka untuk bergabung dengan jejaring i-Masjid, silahkan menghubungi pengurus melalui email  info@i-masjid.or.id atau via telepon +62 822-1919-1092. Informasi terbaru dan kegiatan lainnya terkait I-Masjid bisa diakses melalui laman sementara I-Masjid di http://landing.imasjid.or.id/.(fau)

 

 


Back to Top