Inilah Pionir Hotel Halal di Kota Bangkok Thailand

(gomuslim). Beberapa tahun terakhir ini, Thailand memang sedang gencar mempromosikan produk-produk halal mereka, terutama dalam hal paket wisata halal. Beragam produk wisata halal dipersiapkan Thailand demi menarik perhatian kunjungan para turis muslim maupun non-muslim, seperti destinasi wisata, fasilitas wisata, dan hal lainnya. Salah satu yang menjadi pionir adalah hotel halal yang berlokasi di Kota Bangkok, Thailand. Adalah Al Meroz Halal Hotel yang membidik pasar wisatawan muslim Indonesia untuk berwisata Bangkok, Thailand dengan pelayanan yang memenuhi konsep halal. Hotel yang terbuka bagi muslim maupun non-muslim ini beroperasi sejak Oktober 2015.

Menurut Director of Marketing Hotel Al Meroz Kontee Chatikul, letak hotel ini berada di pusat kota dan dekat denganThe Foundation of Islamic Centre of Thailand, yaitu pusat pelayanan komunitas muslim di Bangkok. Hotel ini menyediakan kebutuhan wisatawan muslim dikamar seperti perangkat sholat  dan Alquran, termasuk makanan halal, mushola dan fasilitas lainnya bagi para turis yang mengedepankan aturan syariah. Katanya, bagi wisatawan non muslim yang tidak minum-minuman keras dan tidak makan daging babi yang diharamkan untuk umat muslim akan menyukai konsep kuliner halal di hotel ini apalagi makanan halal identik dengan makanan sehat.

“Tourism Authority of Thailand ( TAT) dan industri wisata kami serius menjaring pasar wisatawan ini karena populasi muslim yang meningkat,terutama dari kelas menengah dan tersedianya berbagai tujuan wisata di seluruh dunia yang mulai menyadari peluang besar dari segmen ini. Kami bersaing dengan Korea, Jepang dan negara-negara lain yang menyadari besarnya potensi ini,” jelas Kontee, seperti dilansir dari publikasi Tourismbussiness.

Kontee juga mengatakan  dia pribadi semakin hari semakin respek dengan agama Islam yang jauh dari kesan terorisme. Selain itu,  besarnya peluang pasar bagi hotel pertama di Thailand yang menjadikan halal sebagai brand hotel membuatnya sangat bersemangat menjalankan strartegi pemasaran.

“Semakin banyak muslim sekarang sangat tertarik untuk mengeksplorasi tujuan baru. Namun, banyak tujuan wisata tersebut yang belum mampu menyediakan kebutuhan wisatawan muslim yang jumlahnya selalu meningkat. Pemilik hotel kami adalah pengusaha muslim yang sudah 20 tahun membuka restoran halal pula di Bangkok,” jelasnya.

Untuk menjaring wisatawan muslim dunia, baru-baru ini, Otoritas Pariwisata Thailand (TAT) bergabung dengan gerakan pariwisata halal dengan meluncurkan aplikasi mobile pertama yang dirancang untuk membantu pengunjung muslim menemukan masjid, restoran dan hotel halal, pusat perbelanjaan dengan ruang shalat dan fasilitas penting lainnya di negeri tersebut.

Populasi muslim dunia yang diperkirakan meningkat dari 1,6 miliar menjadi 2,2 miliar pada 2030, membuat wisata halal diyakini akan melebihi pertumbuhan setiap sektor pariwisata lainnya dalam empat tahun ke depan. Indeks Wisata Muslim Global (GMTI) 2015 yang dirilis MasterCard-Crescentrating, mencatat sektor pariwisata halal diperkirakan tumbuh menjadi US$ 200 miliar pada 2020. “Wisata halal akan menjadi pasar yang sangat kompetitif dan banyak organisasi pariwisata menyadari potensi pasar gemuk yang menarik ini dan Al Meroz menjadi hotel pertama di Thailand dengan brand halal atau hotel ke tiga di dunia yang memakai brand halal di negara non muslim,” kata Kontee Chatikul.

Selain itu, menurut publikasi rekomendasi wisata agoda, Al Meroz Hotel adalah salah satu hotel halal di negara Asia Tenggara yang bisa menjadi pilihan tepat bagi para turis muslim. Al Meroz Hotel Bangkok- The Leading Halal Hotel membuat para tamu dapat menikmati akses mudah ke semua hal yang dapat ditemukan di sebuah kota yang aktif ini. Dengan lokasinya yang strategis, hotel ini menawarkan akses mudah ke destinasi yang wajib dikunjungi di kota ini.

Al Meroz Hotel Bangkok- The Leading Halal Hotel juga menawarkan berbagai fasilitas untuk memaksimalkan pengalaman menginap para turis di Bangkok. WiFi gratis di semua kamar, satpam 24 jam, layanan taksi, akses mudah untuk kursi roda, resepsionis 24 jam hanyalah beberapa dari fasilitas yang membedakan Al Meroz Hotel Bangkok- The Leading Halal Hotel dengan hotel-hotel lain di kota ini. (fau/dbs)

 


Back to Top