Wisata Ke Papua, Tak Perlu Khawatir Cari Makanan Halal

 

 

(gomuslim). Mengkonsumsi makanan halal merupakan sebuah keharusan bagi kaum Muslim, seperti yang telah Allah SWT perintahkan kepada seluruh umat manusia dalam Alquran.

“Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langah setan karena sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu.”  (QS al-Baqarah [2] : 168).

Dengan dasar ayat diatas, umat Islam mesti mengusahakan mendapatkan asupan makanan di manapun ia berada. Termasuk, ketika berkunjung ke daerah minoritas Muslim. Banyak yang berpikir akan sulit mendapatkan makanan halal di daerah minoritas Muslim, seperti di Tanah Papua.

Namun, anggapan tersebut tak seluruhnya benar. Seorang akademisi bernama Herningsih, mengisahkan mengenai kesediaan makanan halal di Bumi Cendrawasih. Sebelumnya ia adalah pendatang dari Jawa yang sudah menetap di Papua Barat selama puluhan tahun. Ia sangat membantah jika mencari makanan halal di Papua itu sulit, katanya (28/12/2014).

Ia melanjutkan, makanan halal sudah tersebar luas di berbagai wilayah di Papua, khususnya di Papua Barat. Wilayah tersebut sekarang merupakan wilayah yang ditinggali oleh mayoritas kaum Muslim. Kebanyakan pendatang dari Jawa dan Bugis.

Herningsih menceritakan bahwa di Sorong dan desa-desa di Papua Barat meski ada nonmuslim, keduanya hidup harmonis. Termasuk dalam hal penyediaan bahan makanan halal. kemungkinan sangat mudah mencari makanan halal. Pasar-pasar umum justru menjual daging yang halal. Kalaupun ada yang menjual daging babi, biasanya di pinggiran desa dan jauh dari permukiman.

Ia mengungkapkan, wilayah Raja Ampat yang terkenal dengan wisata lautnya pun dihuni mayoritas muslim dan tersedia makanan halal yang dikelola sendiri oleh warga setempat. Di Raja Ampat harganya bisa 10 persen lebih mahal daripada di pulau Jawa, ujarnya.

Karena seringnya melakukan penelitian di pedalamanan tanah Papua, ia sampai tahu detail, tentang ketersediaan makanan halal yang sulit ditemukan di wilayah Papua khususnya pedalaman, apalagi di wilayah pegunungan. Mengingat, sebagian besar dari penduduk di pedalaman masih sangat sakral dalam menerapkan adat-adatnya yang telah berlangsung ratusan tahun.

Di Papua, meskipun agama, termasuk Islam, sudah banyak menyebar di daerah pedalaman. Masih saja ada daerah yang sulit untuk menemukan makanan halal, seperti di Wamena, Timika, Puncak Jaya, Jayapura, dan Pegunungan Bintang, paparnya. Herningsih sebelumnya adalah Wakil Rektor Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah, Sorong, Papua Barat

Toleransi antar umat beragama di Papua pun berjalan sangat baik. Misalnya seperti yang dipaparkan warga asli Fakfak, Dahlia Namudat, mengatakan bahwa warga nonmuslim menghargai  dengan tidak menjual daging babi di tempat umum. 

“Alhamdulillah, di Fakfak telah mayoritas Islam, tapi banyak juga yang nonmuslim. Namun, perbedaan itu tidak menimbulkan kekhawatiran umat Islam untuk mencari makanan halal di Fakfak,” ujarnya.

Dahlia menyebut masyarakat nonmuslim justru aktif menegur pendatang yang menjual daging babi di pasar. “Jika memang ada tempat yang menjual daging babi maupun makanan haram lainnya, pastilah tidak berada di kota, tetapi di daerah pinggiran desa yang jauh dari kota dan jauh dari keramaian publik,” katanya menjelaskan.

Tempat makan pun jika menjual makanan yang tidak halal bagi umat Islam, selalu diberi tanda jelas, B2 untuk babi dan RW untuk anjing. “Suatu ketika ada warga dari luar Fakfak membawa serta daging babi untuk dijual, seketika para warga pun mengetahuinya. Kemudian, warga Muslim maupun non-Muslim mendatangi orang itu dan mengatakan bahwa di sini dilarang menjual daging itu,” ujarnya menceritakan.

“Alhamdulillah, di tempat kami tinggal, semua orang penduduk asli maupun pendatang dapat berkehidupan dengan tenang dan baik, semua saling menghargai dan mernghormati agama masing-masing. Dan, inilah alasan mengapa sembonyan Fakfak, ‘Satu Tungku Tiga Batu’.”  Ujarnya sambil tersenyum.

Berikut Restoran Halal yang bisa dikunjungi di Papua.

  1. Dapur RM. Padang Saiyo
    Jl. Yos Sudarso No. 3 Timika

  2. Solaria Saga Mall Lt. III

  3. Street 11 MP 68 Tembagapura
    Restoran Halal

  4. Hotel Travelers, Sentany City
    Sentani : 0813-5411-5422

  5. Solariq Restaurant Mall Jayapura
    Jl. Apo depan Gor Jayapura

  6. Testo Resto Official
    Jl. Amphibi Hamadi (Depan Rumah Susun Angkatan Laut) : 0822-9145000

 

(mrz/dbs)

 

 

 


Back to Top