Rombongan Pertama Jemaah Haji Mulai Berdatangan di Jeddah, Pelayanan Bandara Berubah

(gomuslim). Tidak berapa lama setelah kedatangan rombongan jemaah haji pertama asal India di Madinah, jemaah haji asal Banglades pun tiba di Jeddah. Negara-negara di Asia Selatan tercatat sebagai pengirim rombongan jemaah haji pertama pada musim ini. Mengawali musim haji tahun ini, tercatat 401 orang jemaah asal Banglades sebagai kloter pertama yang tiba di Bandara Internasional King Abdul Aziz (KAA) Jeddah dengan nomor penerbangan 1011.

Setibanya jemaah di bandara tersebut, pemeriksaan pun berlangsung lancar. Bandara KAA memang kerap mendapat perhatian dari banyak turis mancanegara terkait pelayanan yang kurang maksimal, namun lain halnya dengan apa yang terjadi kemarin saat penyambutan jemaah haji. Rombongan jemaah haji yang pertama di Bandara KAA ini disambut Direktur Bandara Ir. Abdullah Ar Rimi dan Kedubes Banglades Ghulam Musi serta pejabat lainnya dari otoritas bandara.

Pihak bandara dan juga Pemeritah Saudi telah menyiapkan layanan khusus bagi jemaah haji yang telah tiba di bandara sampai pada pemondokan dan selama menjalankan ibadah haji. terkait pelayanan jemaah di bandara, otoritas Saudi telah menegaskan bahwa pihak yang diberi tanggung jawab dalam menjalankan tugas pelayanan jemaah haji wajib memberikan pelayanan terbaik dan maksimal. Segala kebijakan yang diambil harus berdasarkan tujuan untuk mempermudah jemaah dalam menjalankan ibadah hajinya.

Ar Rimi mengatakan bahwa Bandara KAA Jeddah akan menerima lebih dari 850.000 jemaah haji, untuk menyambut serta melayani tamu Allah maka otoritas Saudi telah melibatkan 27 instansi pemerintah dan swasta yang bekerja selama 24 jam. Menurut Ar Rimi, hal ini dilakukan sebagai bentuk perhatian Saudi terhadap jemaah haji yang telah diinstruksikan oleh Raja Salman. Pihak pemerintah menginginkan agar jemaah haji tidak mengalami kesulitan untuk menjalankan aktifitasnya selama berada di Tanah Suci.

Karena itulah kekurangan yang kerap ditemukan di Bandara KAA terus diperhatikan dan diperbaiki serta pelayanannya pun ditingkatkan. Meski sempat menuai protes terkait backlog bagasi pada liburan Idul Fitri lalu, namun otoritas bandara akan terus memperbaiki layanan terhadap jemaah haji di musim ini. (fh/alriyadh)


Back to Top