Jelang Penutupan MTQ Nasional Ke-26 di NTB, Semua Elemen diimbau Ikut Semarakkan

(gomuslim). Musabaqoh Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke-26 yang digelar di Mataram, sudah mendekati detik-detik akhir acara. Perlombaan Alquran tingkat nasional ini, jadwalnya Jumat hari ini (05/08/2016) memasuki babak final untuk semua kategori.

Dari semua kategori yang diperlombakan di babak final adalah Cabang Hifzil Quran 30 Juz, Tafsir Bahasa Arab, Cabang Tilawah Quran Golonga Tartil, Cacat Netra, ada pula kategori Tafsir Bahasa Inggris dan Indonesia. Babak final ini bertempat di Taman Budaya Mataram, Aula Rinjani BKD, Diklat Provinsi NTB dan Gedung Gedung Sangkarean Komplek Kantor Gubernur NTB.  

Sementara lomba MTQ Cabang Hifdzil Quran 1 Juz dan Tilawah di Bencingan Kantor Bupati Lombok Barat, Cabang Hifdzil Quran 10 dan 20 Juz di Pondok Pesantren Al-Aziziyah, Cabang Tilawah Golongan Anak-Anak dan Remaja di Masjid Agung Praya, Kab. Lombok Tengah. Cabang Tilawah Golongan Dewasa dan Qiraat Al-Quran di Arena Utama MTQN Islamic Center Mataram.

Dari kategori-kategori itu, beberapa di antaranya dilangsungkan mulai pukul 07.30 hingga 12.00 waktu setempat. Kecuali untuk Tilawah Golongan Dewasa dan Qiraat Al-Quran akan dilangsungkan pukul 19.30 s.d. 23.00 WITA. 

Lomba yang dimulai sejak 30 Juli hingga 6 Agustus 2016, dijadwalkan akan ditutup pada sabtu (06/08/2016) malam di Islamic Center NTB. Seluruh elemen, baik dari pemerintah provinsi NTB, panitia penyelenggara dan Keamanan mengharapkan antusiasme warga untuk menyemarakkan acara penutupan. Masyarakat yang menghadiri langsung prosesi penutupan MTQ Nasional akan disiapkan tempat di sebelah kanan panggung utama. Diperkirakan bisa menampung sampai dua ribu orang.

Hal ini dilakukan untuk menghargai antusiasme warga NTB dalam pelaksanaan MTQ Nasional. Dilihat dari banyaknya masyarakat yang setia menyaksikan perlombaan setiap harinya dari awal sampai akan berakhirnya acara MTQ. Namun bagi masyarakat yang tidak dapat menyaksikan penutupan MTQ secara langsung, dapat menyaksikannya melalui live streaming.

Acara penutupan MTQ Nasional ke-26, rencananya akan dihadiri oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin. Sementara kabar dari Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi NTB, Muhammad Faozal, pihaknya masih menunggu kepastian mengenai kehadiran Wakil Presiden Jusuf Kalla di acara penutupan MTQ Nasional.

Menurut Faozal, yang sudah dipastikan hadir dalam penutupan tersebut yaitu Menteri Agama dan Gubernur Sumatera Utara yang akan me njadi tuan rumah pada pelaksanaan MTQ Nasional berikutnya.   

Ia menuturkan, pada penutupan acara tersebut panitia akan menampilkan tarian kolosal serta berbagai aktrasi dan pentas hiburan. Selain itu, terdapat penampilan dari timlo. Faozal menambahkan acara penutupan yang akan dimulai sejak pukul 19.30 WITA juga akan dilakukan pembagian penghargaan kepada delegasi-delegasi yang menjadi juara.  

Sementara dari pihak panitia berharap Wakil Presiden Jusuf Kalla dapat hadir, namun hal itu juga tidak dapat di pastikan, mengingat padatnya agenda dari Wakil Presiden. Harapan ini didasarkan pada saat pembukaan Sabtu, 30 Juli 2016 lalu di hadiri Presiden Joko Widodo. Ujar Fathurahman, selaku Kepala Biro Kesra Setda Provinsi NTB yang juga menjadi Panitia MTQ Nasional.

Namun demikian, menurut Fathurrahman, pelaksanaan MTQ Nasional ke 26 di Provinsi NTB berjalan lancar. Hal ini tidak terlepas dari kerja keras panitia dan dukungan dari seluruh masyarakat NTB yang sangat antusias menyaksikan MTQ Nasional.

“Semoga kita bisa menjadi tuan rumah yang baik dan berprestasi. Bahkan, di kenang oleh seluruh delegasi dari 34 provinsi di Indonesia,” tandasnya.

Belakangan dikabarkan, bahwa Wakil Presiden Jusuf Kalla tidak dapat menghadiri acara penutupan MTQ karena yang bersangkutan diketahui akan melakukan kunjungan keluar negeri. (mrz/dbs)

 

 


Back to Top