Hari Pertama Tahap Penilaian, Ini Tiga Hotel di Bali yang Ikut Kompetisi ‘Halal Tourism’ Nasional 2016

(gomuslim). Hari ini Senin (08/08/2016) menjadi hari pertama penilaian dari Kompetisi ‘Tourism Halal 2016’ tingkat Nasional. Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal (TP3H) Kementerian Pariwisata Riyanto Sofyan, didampingi Wakil Ketua TP3H Hafizudin Ahmad dan Organizing Committee (OC) Kompetisi Pariwisata Halal Nasional 2016 Guntur Subagja melakukan penilaian ke para peserta pelaku usaha tour and travel, serta fasilitas pendukungnya di Bali. Kategori pertama dalam penilaian di Bali adalah sektor fasilitas tour and travel, yaitu hotel. Tiga hotel di Bali yang mendapatkan penilaian dari tim juri tersebut adalah Hotel The Radhana di Kuta, The Oasis Lagoon Hotel di Sanur, dan Hotel Bayt Kaboki di Kuta Bali.

Ketua TP3H Kementerian Pariwisata Riyanto Sofyan menjelaskan kompetisi pariwisata halal ini merupakan bagian dari upaya Indonesia mempercepat industri pariwisata halal di Indonesia. Pariwisata halal atau dikenal dengan istilah halal tourism atau muslim friendly tourism kini menjadi tren di dunia, baik di negara-negara berpenduduk  Muslim maupun non Muslim. Untuk itu, tamban Riyanto, pariwisata halal yang dikembangkan adalah pariwisata halal yang inklusif. Dengan begitu, kata Riyanto, pelaku industri pariwisata halal akan mendapatkan pasar yang lebih besar. Selain pasar turis konvensional yang umum, juga dapat menarik turis yang konsen pada makanan halal dan fasilitas yang ramah wisatawan muslim.

Selain itu, Dewan Juri Hafizudin Ahmad juga mejelaskan kesadaran dan kebutuhan masyarakat terhadap aspek halal dalam industri pariwisata semakin besar. Fasilitas ramah wisatawan Muslim yang tersedia akan memberikan nilai tambah bagi industri pariwisata nasional.

Kompetisi Pariwisata Halal Nasional 2016 diikuti sebanyak 77 peserta dalam 14 kategori yang dilombakan. Kompetisi ini adalah kali pertama diselenggarakannya kompetisi pariwisata halal tingkat nasional di mana para pemenang kategori dipastikan menjadi perwakilan Indonesia dalam ajang kompetisi pariwisata halal internasional World Halal Travel Award (WHTA). Adapun Kategori Lomba dalam Kompetisi Pariwisata Halal Nasional 2016 adalah Penerbangan Ramah Wisatawan Muslim, Airport Ramah Wisatawan Muslim, Hotel Keluarga Ramah Wisatawan Muslim, Hotel Luxurious Ramah Wisatawan Muslim, Apartemen Ramah Wisatawan Muslim, Resort Pantai Ramah Wisatawan Muslim, Biro Perjalanan Wisata Halal, Website Travel Ramah Wisatawan Muslim, Perusahaan Kapal Pesiar Ramah Wisatawan Muslim, Destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan Muslim, Operator Haji & Umroh,  Destinasi Wisata Halal, Destinasi Kuliner Halal, dan Destinasi Budaya Halal.

Persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peserta adalah memiliki izin usaha sesuai bidangnya, memiliki sertifikat sesuai yang diwajibkan oleh masing-masing industri (misalnya klasifikasi bintang untuk hotel, memiliki dan menerapkan standar yang mengatur terwujudnya bisnis dan produk yang Family Friendly atau Muslim Friendly.

Bagi calon peserta destinasi, setidaknya haruslah memiliki tiga atraksi unggulan bertaraf nasional dan internasional, memiliki hotel yang dikelola jaringan internasional (bintang 4 ke atas), memiliki bandara udara internasional, juga didukung oleh komitmen Pemda setempat untuk mengembangkan pariwisata halal. Sementara itu, calon peserta di bidang bandar udara haruslah bandara yang sudah bertaraf internasional.

Adapun rundown kompetisi ini adalah seleksi dan pengumuman nominator  akan berlangsung pada tanggal 1 sampai 8 Agustus 2016, pelaksanaan voting pada 9 Agustus sampai 26 Agustus 2016, pengumuman pemenang pada (30/08/2016), dan pemberian penghargaan pemenang pada (08/09/2016). (fau/dbs) 


Back to Top