Lirik Konsumen Muslim, Supermarket di Inggris Sediakan Konter Permen Halal

(gomuslim). Baru-baru ini Inggris membuat sebuah gebrakan baru dalam mewarnai perkembangan produk halal di dunia. Bagi warga Muslim di Inggris, khususnya anak-anak kini dibuat gembira dengan hadirnya konter permen halal di cabang- cabang supermarket Morrisons Inggris. Supermarket Morrisons tercatat sebagai supermarket pertama di Inggris yang menyediakan konter permen halal, pengunjung muslim pun tak perlu lagi memeriksa bahan-bahan yang terkandung dalam permen yang akan mereka beli. Beragam jenis permen bebas gelatin disajikan di konter tersebut. Para konsumen pun bebas berkreasi memilih dan mencampur berbagai bahan permen untuk menghasilkan tampilan permen yang menarik.

Sedikitnya ada 36 jenis pilihan permen merek Yummys yang disajikan di supermarket tersebut. Pihak supermarket berani menjamin permen-permen yang mereka sajikan bebas dari produk hewani dan bahan alkohol. Beberapa pilihan jenis permen antara lain, liqorice stick, cola bottle, jelly beans, dan gummy bears.

Percobaan pembukaan konter permen halal tersebut dilakukan Morrisons di 10 cabangnya di beberapa daerah di Inggris. Cabang-cabang tersebut terletak di Blackburn, Bolton, Preston, Bradford, West Bromwich, Birmingham, Leamington Spa dan tiga cabang di London. Morrisons sendiri tercatat memiliki 500 toko di Inggris yang pemilihan lokasinya disesuaikan dengan komunitas lokal yang ada pada suatu tempat.

Seperti dilansir dari publikasi Dailymail, General Manager Morrisons di Blackburn John Brooksbank mengatakan awal mula Supermarket Morrisons merancang variasi tersebut ialah karena banyaknya pertanyaan dari pelanggan mengenai permen halal. John juga menambahkan bahwa Morrisons tidak menutup kemungkinan untuk menujual permen halal di cabang toko lainnya bila ada permintaan. Karena itu, Morrison pun tercatat sebagai supermarket besar pertama di Inggris yang menyediakan konter permen halal.

Selain itu, pujian dan respon positif pun datang dari masyarakat muslim atas berdirinya konter permen halal tersebut. Ketua Komite Halal di Lancashire Council of Mosques Inggris Salim Mulla juga menyambut baik hal ini. Salim mengatakan bahwa Council of Mosques juga akan mendukung gerakan tersebut, mengingat permen merupakan salah satu makanan favorit muslim Inggris, akan tetapi tidak semua produk permen di Inggris halal untuk dikonsumsi. Tapi di sisi lain, Ketua  Lancashire Council of Mosques Abdul Hamid Qureshi menilai bahwa semakin menjamurnya supermarket yang memperkenalkan produk halal untuk konsumennya, tidak semata-mata hanya untuk pemenuhan kebutuhan sosial, tetapi pasti ada alasan finansial di baliknya. Katanya, seperti brand-brand produk halal yang sudah ada, sertifikasi halal juga dimanfaatkan untuk menggaet pasar muslim muda dan anak-anak. (fau/dbs) 


Back to Top