Inilah Tiga Produk Inovatif 'HalalTrip' untuk Wisatawan Muslim

(gomuslim). Baru-baru ini sebuah online platform asal Singapura bernama HalalTrip bersama sister brand dari Crescentrating, otoritas terkemuka untuk wisata halal dunia dan  Mastercard meluncurkan rangkaian tiga produk perjalanan inovatif bagi para wisatawan Muslim. Hal ini dilakukan untuk memenuhi peningkatan permintaan dalam perjalanan halal. Ketiga produk tersebut diluncurkan pada event World Islamic Forum ke-12 pekan lalu di Jakarta Convention Center. Produk-produk tersebut adalah HalalTrip City Pass, HalalTrip Getaways, dan HalalTrip Homes.

Salah satu produk baru yang menarik adalah HalalTrip Homes yang memberikan referensi akomodasi halal. HalalTrip Homes ditujukan bagi wisatawan muslim yang mencari akomodasi alternatif selain hotel, yakni seperti rumah atau apartemen. Chief Executive Officer Crescentrating HalalTrip Fazal Bahardeen mengatakan, fokus pihaknya untuk produk HalalTrip Homes adalah mencari berbagai tipe properti yang sesuai dengan kebutuhan wisatawan muslim. Properti tersebut pun akan memeroleh rating dari Crescentrating.

“Jika keluarga beranggotakan enam orang membutuhkan enam kamar itu tidak akan mudah. Untuk HalalTrip Homes, kami ingin memastikan wisatawan muslim nyaman dengan yang ditawarkan apakah itu bentuknya small private resort atau tipe butik,” jelas Fazal.

Sebagai langkah awal, HalalTrip menargetkan setidaknya ada 100 properti terdaftar hingga akhir tahun ini. Berdasar studi Mastercard-Crescentrating Global Muslim Travel Index 2016, jumlah total kedatangan wisatawan Muslim mencapai 117 juta jiwa pada 2015. Angka ini diperkirakan akan terus tumbuh hingga 168 juta wisatawan pada 2020 dengan total nilai pengeluaran di atas 200 miliar dolar AS.

“Kami mencari para pemilik properti yang bersedia mendaftarkan properti mereka untuk disewakan. Kami akan mencari properti dengan melihat fasilitas dan lingkungannya sesuai dengan kebutuhan wisatawan muslim. Crescentrating punya sistem rating untuk memeringkat akomodasi dengan skala 1-7. Salah satu syarat penting untuk mendapat rating ini adalah toiletnya harus water friendly,” tambahnya.

Selain produk HalalTrip Homes, dua produk lain juga tak kalah inovatif, yaitu HalalTrip City Pass dan HalalTrip Getaways. HalalTrip Pass memberi kemudahan pada konsumen untuk mengakses ke lokasi-lokasi wisata populer. Sedangkan, HalalTrip Getaways memberi kemudahan pengguna untuk merancang liburan sesuai dengan kebutuhan mereka terhadap perjalanan Muslim-friendly.

Fazal Bahardeen mengatakan peluncuran tiga produk tersebut merupakan sebuah contoh terhadap seberapa canggihnya pasar wisatawan Muslim saat ini. Karena, kata Fazal, mereka (para turis muslim)  menginginkan adanya produk-produk perjalanan yang mudah dan dapat mengerti mereka serta menyenangkan. Ia menambahkan, wisatawan Muslim kini jauh lebih menggunakan teknologi melalui smartphone dan tablet mereka daripada sebelumnya untuk mengeksplorasi destinasi-destinasi baru.

Sementara itu, Division President Mastercard untuk Indonesia, Malaysia dan Brunei Safdar Khan mengatakan populasi masyarakat Muslim yang diperkirakan akan mencapai 26 persen dari keseluruhan populasi dunia pada 2030 memberikan peluang bagi sektor wisata halal untuk terus tumbuh. “Kami berharap perkembangan dari produk dan layanan gaya hidup Muslim yang inovatif akan meningkatkan lanskap pembayaran, mendorong perdagangan lintas batas dan membantu menyusun standar baru bagi industri perjalanan dan pariwisata secara keseluruhan,” paparnya.

Diluncurkan sejak 2015 lalu, aplikasi bernama HalalTrip ini dibuat oleh startup asal Singapura yang menawarkan layanan travel bagi umat muslim mencoba mengakomodir hal itu. Aplikasi ini akan memberikan kemudahan bagi konsumen Muslim untuk memesan tiket pesawat, hotel, hingga paket perjalanan tersebut menambahkan fitur baru yang memudahkan pencarian makanan halal saat tengah bepergian.

Update pada aplikasi mobile HalalTrip dengan fitur pencarian menu makanan halal ini memungkinkan pengguna bisa menemukan, berbagi, dan memberikan penilaian mengenai beragam makanan halal di seluruh dunia. Ketika menemukan tempat dengan label halal di berbagai belahan dunia, pengguna dapat mengambil dan mengunggah foto, memberikan komentar, dan berbagi melalui media sosial ke umat Muslim di seluruh dunia, atau siapa pun yang menggunakan aplikasi ini. Pihak HalalTrip mengklaim bila makanan halal adalah salah satu yang diminati di dunia turisme dengan target pasar Muslim.

Selain itu, target utama HalalTrip adalah konsumen di Asia Tenggara, Inggris, Perancis, dan Amerika Serikat. Tim HalalTrip yang beranggotakan 10 orang ini akan melokalisasi website ini dengan menyediakan konten berbahasa Arab dan Perancis. Mereka juga berencana untuk mendukung pasar lain seperti Indonesia dan Malaysia. Aplikasi iOS Crescent Rating yang menunjukkan waktu shalat selama penerbangan dan arah kiblat yang bernama Crescent Trips juga akan tersedia untuk Android dan akan diintegrasikan di situs HalalTrip.

Versi terbaru dari aplikasi ini tersedia baik dalam bahasa Inggris, Arab, Indonesia, maupun Malaysia. HalalTrip juga akan menambah sejumlah fitur baru, termasuk layanan pemesanan dan panduan kota. HalalTrip tersedia secara gratis di iOS dan Google Play. Sampai saat ini, HalalTrip sudah mendapat 50.000 lebih download di Google Play, sedangkan di tingkat Asia, aplikasi ini berkompetisi langsung dengan HalalMinds, aplikasi sejenis yang berasal dari Jepang. (fau/dbs)


Back to Top