Brazil Islamic Center Sajikan Makanan Halal Untuk Atlet Muslim di Olimpiade Rio 2016

(gomuslim). Olimpiade Rio 2016 di Brazil masih berlangsung sampai (21/08/2016) mendatang. Dengan 306 keping medali, ajang ini akan mempertandingkan 28 cabang olahraga olimpiade. Selain itu, untuk pihak Olimpiade pun sudha menyiapkan puluhan ribu makanan yang tersaji untuk atlet dan anggota delegasi di Olimpiade Rio. Tapi, bagi atlet muslim, makanan dengan label halal pun juga tersedia dari kerjasama dengan Brazil Islamic Center. Islamic Center ini sudah menyusun proyek selama delapan bulan untuk penyediaan makanan halal selama  Olimpiade berlangsung.

Pada praktiknya, Islamic Center ini harus terlebih dahulu meyakinkan komite penyelenggara Olimpiade, yaitu  International Olympic Committee (IPC) untuk mengenali praktek persiapan makanan dalam Islam. Selama negosiasi, komite penyelenggara berkomitmen untuk menyajikan makanan halal bagi atlet muslim. setelah menerima persetujuan, dapur makanan halal dibuat terpisah yang telah dirancang di tim Olympic village. Dapur terpisah tersebut telah dirancang di dalam kawasan Olimpiade Village bersama dengan ruang makan besar yang mampu menampung lebih dari 2.000 atlet dan manajer delegasi Muslim untuk Olimpiade Rio. Sedangkan area makan di Olympic village menyediakan sekitar 65.000 makanan kepada lebih dari 18.000 atlet dan anggota delegasi. Adapun, seluruh sistem katering, persiapan dan distribusi makanan tetap diawasi oleh Islamic Center.

Seperti dilansir dari publikasi resmi Mehr News Agency, proyek penyajian makanan halal di Olimpiade Rio ini dipastikan sesuai dengan standar kesehatan komite penyelenggara Olimpiade. Para pekerja dan juru masak juga memakai seragam sehingga mudah dikenali. Mereka (para juru masak halal food) hanya boleh berjalan bolak-balik ke area dapur mereka dan dilarang masuk ke ara di mana makanan non-halal didistribusikan.

Brazil Islamic Center telah bekerja selama 20 tahun dalam industri makanan halal dengan industri lebih luas di Brazil. Islamic Center ini pun ikut menyediakan makanan halal dalam acara besar lainnya seperti event FIFA World Cup pada tahun 2014 dan Olimpiade Rio+20 pada tahun 2012. (fau/dbs)

 

 


Back to Top