Undangan Haji kepada Seribu Warga Palestina

(gomuslim). Di tengah gempuran hebat antara rudal dan peluru. Umat Islam Palestina masih sempat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci. Apabila kita yang berada di  posisi mereka, masihkah iman kita kokoh dan tekad kita kuat seperti mereka. Kita tidak tahu, hanya Allah-lah yang tahu isi hati masing-masing dari kita.

Para calon jemaah haji Palestina yang diundang ke Tanah Suci ini, kebanyakan besar adalah korban perang, yang saudara atau anggota keluarganya telah mati syahid menjadi korban. Kurang lebih seribu warga Palestina diprioritaskan untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini.

Awalnya ini adalah sebuah inisiatif dari Program Pengunjung Haji oleh Penjaga Dua Masjid Suci. Wakil Ketua Program Pengunjung Haji, Zaid Al Dakan, mengatakan sebagian besar calon jemaah haji yang datang merupakan keluarga dan kerabat mereka yang mati syahid.

Tahun ini, Wakil Ketua Program Kunjungan Haji Arab Saudi Zaid al Dakan, mengupayakan untuk bertemu dengan Kepala Komite Haji Palestina Abdul Aziz al Saleh bersama dengan Kedubes Arab Saudi untuk Mesir Abdel Hadi al Omari dan Kepala Saudi Airlines di Mesir Abdul Jabbar al Husami, untuk membahas calon haji asal Palestina.

Pertemuan ini untuk memastikan jemaah memeroleh visa yang diperlukan dari kedutaan besar Arab Saudi di Mesir. Juga untuk memastikan para jemaah haji ini mendapat tiket perjalanan pulang dari Saudi Arabian Airlines, kata Al Dakan. Sementara dari pihak pemerintah Saudi kepada Direktorat Program Pengunjung, agar calon haji sebelum berangkat, mendapat pelatihan manasik terlebih dahulu. Mereka juga ingin memberikan pelayanan yang terbaik bagi jemaah.

Tahun lalu, hal ini juga pernah dilakukan oleh Raja Salman, yakni mengundang seribu warga Palestina dari keluarga syuhada untuk melaksanakan haji. Undangan ini dikeluarkan melalui Menteri Urusan Islam, Wakaf dan Bimbingan, yang saat itu juga menjabat sebagai Ketua Pengawas Program Pengunjung Penjaga Dua Masjid Suci Sheikh Saleh bin Abdul Al-Asheikh.

Ucapan terima kasih tak terhingga disampaikan Al Dakan kepada pihak kedutaan besar Arab Saudi di Mesir, atas upaya dan kerja kerasnya untuk membantu keberangkatan calon haji asal Palestina. Dari Komite Haji Palestina selanjutnya memproses perjalanan haji seribu calon haji ini dengan delapan subkomite diantaranya perumahan, administrasi dan keuangan, media, jasa, transportasi, tempat ibadah dan komite Madinah.

Program memberangkatkan warga Palestina untuk berhaji, dari Saudi Arabia ini, sudah berlangsung selama tujuh tahun terakhir. Atas hal ini, Sheikh Saleh bin Abdul Aziz Al-Asheikh mengungkapkan terima kasih atas komitmen Raja Salman membangun jembatan persaudaraan dengan saudara-saudara di Palestina dengan membuat kemudahan bagi mereka untuk melakukan ibadah haji dalam Program Pengunjung Penjaga Dua Masjid Suci. (mrz/dbs)

 


Back to Top