Aplikasi ‘Have Halal Will Travel’ Bantu Rencanakan ‘Itinerary’ Turis Muslim Keliling Dunia

(gomuslim). Banyak pertimbangan para traveler muslim untuk berkunjung ke berbagai negara di dunia. Beberapa di antaranya adalah sulitnya menemukan hotel atau penginapan dan juga restoran halal di negera tujuan, apalagi yang penduduknya adalah muslim minoritas. Karena itu, untuk menarik perhatian para turis muslim tersebut, banyak negara sudah melirik pasar produk halal, dengan menyediakan beragam paket wsiata, hotel, dan tentu restoran halal. Dengan tujuan yang sama, para mahasiswa asal Kuala Lumpur, Malaysia membuat sebuah aplikasi bernama Have Halal Will Travel (HHWT) untuk memudahkan para turis muslim merencanakan itinerary selama perjalanan, menemukan hotel, dan juga restoran halal di  negara tujuan wisata mereka.

Mahasiswa tersebut adalah Melvin Goh, Tengku Suzana dan Elaine Tee yang  pertama kali menemukan ide membuat aplikasi ini saat mereka bertemu di Seoul. Goh mengatakan ia merasa kesulitan dalam menemukan makanan halal saat sedang mengikuti program pertukaran mahasiswa selama enam bulan di Seoul, Korea Selatan pada tahun 2013 lalu.

Menurut Melvin Goh, mereka menemukan tidak banyak pilihan makanan halal, karena tidak tahu apakah bisa mengandalkan informasi online. Bahkan mereka harus membuang waktu 40 menit saat  mencari restoran halal. Menyadari betapa frustrasinya wisatawan Muslim untuk mencari makanan halal saat traveling, ketiganya memutuskan untuk membuat situs dengan konten yang dapat membantu mengatasi masalah ini.

Secara resmi aplikasi ini diluncurkan beserta situs www.havehalalwilltravel.com pada tahun 2015, dengan unggahan mingguan mengenai panduan wisata dan makanan halal. Perkembangan yang pesat dari situs ini membuat Goh, Suzana, dan Tee memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan mereka di lembaga media lokal untuk fokus pada HHWT.

"Intinya, kami berusaha menginspirasi umat Islam untuk melihat dunia. Misi kami adalah untuk memudahkan umat Islam di manapun untuk mengeksplorasi berbagai negara. Itu sebabnya kami terus meningkatkan kualitas isi konten," jelas Suzana, seperti dilansir dari publikasi  The Malay Mail Online.

Salah satu cara HHWT menarik pengguna adalah dengan membuat aplikasi melalui platform media sosial. Secara personal, pengguna bisa memberi komen dan pertanyaan ke sesama pengguna. The Travel HHWT Planner App adalah aplikasi mobile pertama yang fokus pada perencanaan perjalanan khusus untuk wisatawan Muslim.  Sementara wisatawan sulit mengandalkan berbagai sumber untuk mencari informasi, aplikasi ini dapat membantu proses perencanaan perjalanan. HHWT memungkinkan wisatawan untuk dengan mudah menemukan restoran halal, terutama yang menyajikan masakan lokal yang lezat, seperti bibimbap dan ramen halal.

Kota pertama yang ada dalam aplikasi adalah Seoul, Korea Selatan. Pengguna dapat menemukan tempat yang mereka ingin kunjungi di Seoul dan menambahkannya ke aplikasi, yang bebas digunakan. Tee percaya HHWT akan bermanfaat bagi semua orang yang ingin merasakan budaya lokal suatu negara dan juga mencoba makanan halal lokal.

Aplikasi HHWT telah melalui proses yang rumit terutama dalam pengumpulan data. Menurut Goh, Setiap data dalam aplikasi dikumpulkan sendiri oleh tim, seperti alamat dan lokasi di peta, hingga foto. Dengan banyaknya waktu yang terkuras, Goh menjamin HHWT dibuat secara akurat. Sebab ia tahu betapa pentingnya aplikasi ini bagi pengguna Muslim.

Sampai saat ini, layanan aplikasi HHWT telah merambah ke banyak kota di negara-negara dunia, seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Prancis, Amerika Serikat, New Zeland, Dubai, dan masih banyak yang lainnya. Adapun fitur aplikasi ini juga semakin berkembang dengan adanya layanan baru, seperti Halal Food Guide, Travel Guide, Travel News, Inspiration, #HHWT Explorers, dan lainnya. (fau/dbs)


Back to Top