Makin Kokoh Sebagai Destinasi Wisata Halal, Lombok Buka Rute Penerbangan Langsung ‘Timur Tengah’

(gomuslim). Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) bisa berbagga hati soal destinasi wisata. Pasalnya, tahun 2015 lalu, Provinsi yang mempunyai banyak pantai indah ini dinobatkan sebagai World’s Best Halal Tourism dan tahun ini juga sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti ajang yang sama. Untuk itu, berbagai  hal pendukung sektor pariwisata menajdi perhatian penting Pemerintah Daerah juga para pelaku travel agent dalam meningkatkan kualitas layanan pariwisata. Salah satunya adalah yang baru-baru ini dilakukan Lombok, yaitu membuka rute penerbangan Timur Tengah-Lombok, demi membidik wisatawan muslim yang sebagian besar berasal dari Timur Tengah.

Gubernur NTB Zainul Majdi mengatakan pemerintah Provinsi NTB sangat concern mengembangkan pariwisata halal atau Moslem fiendly tourism di wilayahnya. Salah satu pasar yang dibidik yakni wisatawan asal Timur Tengah. karena, tambah Zainul, Timur Tengah dianggap sebagai salah satu wilayah yang begitu potensial untuk pariwisata halal. Apalagi, menurut survei, wisatawan asal Timur Tengah menghabiskan tiga kali lebih banyak uang untuk berbelanja dibandingkan wisatawan dari negara lainnya.

Hal ini dilakukan Pemerintah  NTB sebagai langkah untuk menarik wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara berbondong-bondong datang ke Lombok. Salah satu yang mendapatkan perhatian serius Gubernur NTB adalah aksesibilitas.

“Terkait dengan aksesibilitas terebut, kita sedang menjajaki untuk membuka flight langsung dari Timur Tengah di Qatar dan Abu Dhabi ke Lombok. Karena dua kota ini menjadi titik kumpul para traveler. Saat ini proses penjajakan sedang berlangsung intens. Kita  berharap dalam waktu dekat kerja sama tersebut  sudah bisa dilaksanakan,” kata Zainul Majdi.

Zainul menjelaskan beberapa maskapai Timur Tengah sudah memberikan respons positif. Rute yang diajukan antara lain Dubai – Lombok, Oman – Lombok, Terabuda – Lombok. Jika rute ini berhasil dibuka, dia berharap akan meningkatkan kunjungan wisatawan yang signifikan. Karena menurut Zainul, mereka (wisatawan muslim-Timur Tengah) memiliki kesadaran yang tinggi ingin mendapatkan pariwisata yang lebih nyaman, akomodatif dengan nilai-nilai yang diyakini. Hal ini merupakan pasar yang bagus untuk Indonesia, khususnya Lombok yang ingin masuk segmen tersebut.

Selain Timur Tengah, wisatawan muslim dari Cina juga mendapat perhatian. Bahkan maskapai Citilink sudah memelopori pembukaan rute Beijing-Lombok. Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nusa Tenggara Barat Lalu Mohammad Fauzal, rencananya mereka akan melakukan penerbangan satu kali dalam seminggu dengan rute Beijing-Lombok. Katanya, untuk melayani rute Beijing – Lombok International Airport (LIA) — sebelumnya Bandara Internasional Lombok (BIL) — Citilink akan menggunakan pesawat Airbus berkapasitas 180 orang. (fau/dbs)

 


Back to Top