Atlet Anggar Berhijab-Ibtihaj Muhammad Raih Medali Perunggu di Olimpiade Rio 2016

(gomuslim). Ada kabar gembira dari perhelatan Olimpiade Rio 2016. Kabar tersebut datang dari seorang atlet berhijab asal Amerika Serikat di cabang olahraga anggar. Dialah  Ibtihaj Muhammad, atet muslimah yang namanya sedang naik daun karena menjadi atlet berhijab pertama di cabang olahraga anggar saat ini. Pada Sabtu malam (13/08/2016), Ibtihaj dan tim berhasil meraih medali perunggu. Dia membuat sejarah lagi sebagai yang pertama jilbab mengenakan AS atlet untuk meraih medali di Olimpiade dengan memenangkan medali perunggu bersama dengan Monica Aksamit, Mariel Zagunis dan Dagmara Wozniak dalam Rio Summer Games' women's team di Olimpiade Rio 2016, Brazil dan berhasil  mengalahkan tim Italia dengan skor 45-30.

Kegembiraan Ibtihaj dan timnya terlihat dari penyematan medali perunggu di leher masing-masing atlet sambil berfoto dengan bendera Amerika Serikat. Kemenangan ini menjadi kado dari usaha dan keberanian Ibtihaj dalam berlatih anggar bersama timnya dan tentu dalam menorehkan sejarah sebagai atlet anggar berhijab pertama di Amerika Serikat. Tapi kini, Ibtihaj juga menyandang status baru, yaitu atlet berhijab pertama yang meraih medali perunggu di cabang anggar.

"Saya berharap bahwa melalui pengalaman saya di Olimpiadeini dan memenangkan medali adalah bagian dari kampanye saya untuk memerangi orang-stereotip tentang Muslim dan Afrika-Amerika, dan bahkan wanita. Kami seperti atlet lainnya kami telah bekerja sangat keras untuk ini, dan saya merasa bangga karena kerja keras  kelompok kami bisa berbuah manis dengan membawa pulang medali perunggu, “ ungkap Ibtihaj, seperti dilansir dari publikasi TheGuardianNews.

Dia mengatakan medali ini tak kalah lebih penting daripada kehormatan individu yang bisa datang berkompetisi di Olimpiade ini. Dia telah menghabiskan terlalu banyak hari dan bulan untuk latihan bersama atlet perempuan lainnya, sehingga bisa sampai di Brazil untuk mewakili Amerika Serikat.

“Ini berkat dukungan dari begitu begitu banyak orang yang tidak memiliki suara, dan ini menjadi pengalaman yang benar-benar luar biasa bagi saya, “ kata Ibtihaj.

Selain di Olimpiade Rio 2016, Ibtihaj Muhamad sebelumnya pernah memenangkan medali perunggu pada kejuaraan Piala Dunia Anggar di Athena, Yunani, awal tahun 2016, medali emas Kejuaraan Anggar Dunia tahun 2014 dan peraih tiga kali juara anggar Kompetisi NCAA All-American. Prestasi itu semua mengantarkannya ada di  peringkat ke-2 Amerika Serikat, dan ke-7 anggar dunia sepanjang tahun 2015 sampai 2016 itu menjadi bagian dari tim Amerika Serikat (AS) pada Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil, yang berlangsung mulai tanggal 5 sampai 21 Agustus 2016.

Ibtihaj Muhammad adalah seorang muslimah asal New Jersey, Amerika Serikat bernama Ibtihaj Muhammad. Muslimah ini merupakan seorang atlet anggar wanita pertama di Amerika Serikat yang mengenakan hijab. Ibtihaj juga memiliki segudang prestasi dan tercatat sebagai salah satu atlet terbaik di dunia beberapa tahun belakangan. Ibtihaj lahir pada 4 Desember 1985 dan tumbuh di keluarga muslim dengan empat saudara. Karena itu, Ibtihaj kecil sudah terbiasa menutupi tubuhnya dengan pakaian panjang sebagaimana disyariatkan Islam.

Ketertarikannya di dunia olahraga pedang atau anggar bermula ketika ia melihat para pemain anggar saat ingin berangkat sekolah. Ibtihaj langsung tertarik karena pemain anggar menutupi semua tubuhnya dengan rapat. Saat berusia 13 tahun, Ibithaj pun masuk ke Columbia High School di Maplewood dan bergabung dalam tim anggar.

Sejak saat itu, bakat Ibtihaj terus terlatih dan memperlihatkan hasil yang mengagumkan. Ibtihaj Muhammad berhasil meraih sederet prestasi membanggakan. Beberapa di antaranya adalah juara ketiga USA Fencing National Championship pada 2015, meraih medali emas untuk Senior World Championship pada 2014, juara pertama Antalya Wolrd Cup 2014, dan lain sebagainya. (fau/dbs)

Baca juga:

Ibtihaj Muhammad Jadi Atlet Anggar Berhijab Pertama di Olimpiade Rio 2016

 

 


Back to Top