Baru, Satu-satunya Kapal Pesiar yang Sediakan Menu Halal

 

(gomuslim). Bagi wisatawan muslim, rasa-rasanya akan sangat khawatir bila berpetualang dan tidak menemukan tempat makan yang halal. Begitupun ketika naik kapal pesiar, kebanyakan penumpangnya adalah orang-orang mengumbar uang untuk makan-makanan mewah dan tidak terjamin kehalalannya.

Namun kini, dengan tekad melayani para petualang muslim, perusahaan pelayaran internasional Costa Cruises bakal menyediakan menu halal dalam perjalanan dalam waktu dekat. Kapal pesiar dari Italia ini mengajukan sertifikasi halal untuk dapur kapal melalui badan otoritas halal Malaysia.

Menurut Marketing Direktur untuk Asia Pasifik Eunice Lee, pihak marketing Costa Cruises melihat banyaknya permintaan yang bisa ditampung. Pihaknya menyambut para tamu-tamu muslim, dari pasar muslim ini, pasarnya berkembang 30 persen tiap tahunnya. Ia juga menambahkan bahwa Costa Asia ini sudah mulai melayani penumpang muslim sejak tahun 2006.

Peluncuran layanan halal ini bertepatan dengan ulang tahun yang ke-10 pada bulan Agustus ini. Dan kapal pesiar yang menyediakan menu halal ini di beri nama Costa Victoria. Rencananya kapal ini akan mulai beroperasi pada Oktober 2016 hingga Januari 2017 dengan tema perjalanan ‘Italian at Sea’.

Fasilitas kapal pesiar ini terbilang inovatif, untuk memanjakan tamunya, kapal Costa Cruises ini menciptakan aplikasi internet untuk ponsel dan berbagai kios swalayan. Aplikasinya dinamakan MyCosta, aplikasi ini memudahkan penumpang untuk mendapatkan panggilan dan pesan tanpa batas, khususnya dengan teman atau keluarga yang juga sama-sama dalam perjalanan di kapal tersebut. Dengan hadirnya aplikasi ini akan membuat penumpang lebih mudah, meski sedang sibuk dengan aktivitas berbeda di berbagai bagian kapal yang berbeda pula, untuk berkomunikasi dan meminta pelayanan semisal terapi spa hingga reservasi restoran.

Sembari menunggu hasil sertifikasi halal, Rudy Wiratno, Sales Manager Costa Cruises Asia menuturkan bahwa tak perlu khawatir berpersiar bersama kapal Costa Cruises. Sebab makanan di kapal selalu memilih bahan yang halal dan mengolah makanan dengan sangat hati-hati. Makanan yang disajikan dalam kapal ini bervariasi, dari makanan khas Italia, seafood, vegetarian, India dan menu khusus anak-anak. Di kapal ini juga tersedia berbagai minuman yang bebas alkohol.

Rencananya kapal pesiar Costa Asia yang akan berlayar di Asia, akan melintasi beberapa negara yakni Singapura, Thailand dan Malaysia. Dengan menu makanan yang sudah tersertifikasi halal.

“Saat sertifikasi halal sudah siap, maka kami akan menjadi kapal pesiar pertama yang melakukannya," kata Marketing Direktur untuk Asia Pasifik, Eunice Lee. 

Dari sekian banyak perusahaan kapal pesiar internasional di Asia, baru kapal Costa Cruises ini yang mengurus untuk menyediakan fasilitas menu halal. Hal ini tentu menjadi terobosan yang menguntungkan di dunia bisnis kapal pesiar. (mrz/dbs)

 

    

  


Back to Top