Perkuat Status Destinasi Wisata Halal, Lombok Gelar Pentas Seni Religi dalam ‘Bulan Budaya Lombok-Sumbawa 2016’

(gomuslim). Setelah disibukkan dengan perhelatan Musabbaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional XXVI beberapa waktu lalu, kini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan kembali disibukkan dengan event Bulan Budaya Lombok Sumbawa (BBLS) 2016 yang akan dihelat mulai tanggal 18 Agustus sampai dengan 16 September 2016 mendatang yang lokasi penyelenggaraannnya tersebar di Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Bima dan Kota Bima. Perhelatan Bulan Budaya Lombok Sumbawa 2016, diikuti oleh seluruh kabupaten atau kota se-Nusa Tenggara Barat dan juga beberapa provinsi dan kabupaten atau kota dari luar Provinsi Nusa Tenggara Barat, dengan menampilkan pagelaran atau kegiatan seni. BBLS tahun ini juga akan menghadirkan pagelaran seni dari beberapa kota di Indonesia, antara lain: Bandung Jawa Barat, Banyuwangi Jawa Timur, Makasar Sulawesi Selatan, dan Palembang Sumetera Selatan.

Selain itu, Lombok yang mendapat predikat Best Halal Tourism pada tahun 2015 lalu di Uni Emirat Arab ini juga berkonsentrasi untuk memperkuat status sebagai destinasi wisata halal tersebut. Dalam event BBLS ini, Lombok akan menghadirkan Pentas Seni Religi pada (6-7/09/2016) yang berlokasi di Islamic Center Mataram. Adapun kegiatan dalam Pentas Seni Religi ini adalah penampilan Hadrah, Marawis, Rebana Burdah, Reban Lima, Zikir Zaman, Qasidah, dan lain-lain.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB Moh. Faozal memberikan keterangan bahwa persiapan pelaksanaan event ini sudah dimulai sejak tiga bulan lalu, mulai dari survey dan penetapan lokasi kegiatan, sinkronisasi penganggaran, sampai pada penetapan bentuk dan jenis event atau kegiatan yang akan digelar.

“Kegiatan BBLS tahun ini akan kami kemas sedemikian rupa sehingga akan lebih berbeda dibandingkan penyelenggaraan BBLS sebelumnya. Tema besar Bulan Budaya Lombok Sumbawa 2016 ini masih mengusung tentang Tenun Lombok Sumbawa, tentunya dengan penampilan motif baru hasil kreasi yang inovatif para penenun dalam rangka penguatan branding Ekonomi Kreatif di 10 kabupaten atau kota se-Nusa Tenggara Barat, “ papar Faozal, seperti dilansir dari publikasi resmi Disbudpar Provinsi NTB.

Selain itu, berbagai kerajinan khas Nusa Tenggara Barat lainnya juga akan ditampilkan di event BBLS ini seperti kerajinan perak, mutiara, gerabah, cukli, dan ketak pada kegiatan Pameran Ekonomi Kreatif yang merupakan salah satu rangkaian Bulan Budaya Lombok Sumbawa 2016. Bulan Budaya Lombok Sumbawa 2016 akan dimulai dengan Mataram Carnaval berupa Parade Budaya pada Kamis (18/08/2016) siang hari, diikuti oleh seluruh peserta BBLS 2016, pelajar dan mahasiswa, sanggar-sanggar seni, para pegiat serta para pemerhati pariwisata, dilanjutkan dengan  Opening Ceremony BBLS 2016 pada malam hari yang rencananya akan dihadiri Gubernur Nusa Tenggara Barat Zainul Majdi.

Lebih  lanjut Mohammad Faozal menjelaskan, ada 28 kegiatan yang menjadi rangkaian Bulan Budaya Lombok Sumbawa, antara lain festival seni budaya, international Islamic scool, olimpiade robot internasional yang diikuti oleh tiga Negara. Selain itu, akan dipentaskan seni tradisional dan permainan rakyat, kerapatan adat dan berbagai acara lainnya.

“Semoga rangkaian kegiatan Bulan Budaya Lombok Sumbawa 2016  ini mampu meningkatkan kunjungan wisatawan menjadi tiga juta di Nusa Tenggara Barat, “ harapnya. (fau/dbs)

 

 

 


Back to Top