HUT RI ke-71

Peringati Hari Kemerdekaan, Syariah Hotel Solo Sajikan Menu Kuliner Khas Nusantara

(gomuslim). Hari ini (17/08/2016), Republik Indonesia memperingati Hari Kemerdekaan ke-71. Banyak kegiatan yang dilakukan dalam peringatan tersebut, seperti upacara bendera, ajang perlombaan, sampai pagelaran seni Nusantara. Salah satu kegiatan inovasi dalam peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-71 ini dilakukan Hotel Syariah Solo. Hotel ini akan menyajikan berbagai kreasi lagi di bidang food and beverage. Kali ini yang bakal diluncurkan adalah Buffet Kemerdekaan 17 Agustus yang menghadirkan 17 jenis Nasi Goreng, 8 jenis Masakan Telur, dan 45 jenis Sate.

Executive Chef Syariah Hotel Solo Arinto mengatakan  Buffet Kemerdekaan 17 Agustus yang digelar tepat pada hari ulang tahun bangsa Indonesia ini merupakan kedua kalinya diadakan oleh pihaknya. Pada tahun lalu, Syariah Hotel Solo telah meluncurkan Nasi Bambu sepanjang 17 meter, 8 jenis sambal, dan 45 jenis lauk.

“Dengan konsep yang hampir sama, kami kembali meluncurkan Buffet Kemerdekaan 17 Agustus yang bakal ditampilkan di Lobby Syariah Hotel Solo pukul 10.00 WIB. Yang membedakan Buffet Kemerdekaan ini dibandingkan tahun sebelumnya yaitu terletak pada varian makanan yang kami usung,” jelas Arinto, seperti dilansir dari siaran pers Hotel Syariah Solo.

Untuk tahun ini, tambah Arinto, Buffet Kemerdekaan 17 Agustus menghadirkan 17 Jenis Nasi Goreng. Diantaranya adalah Nasi Goreng Kampung, Nasi Goreng Seafood, Nasi Goreng Kambing, Nasi Goreng Ayam, Nasi Goreng Magelangan, Nasi Goreng Buntut, Nasi Goreng Kare, Nasi Goreng Teri, Nasi Goreng Babad, Nasi Goreng Kacang Polong, Nasi Goreng Ati Ayam, Nasi Goreng Sambal Ijo, Nasi Goreng Lada Hitam, Nasi Goreng Keju, Nasi Goreng Sosis, Nasi Goreng Bakso, dan Nasi Goreng Abon.

Sementara, delapan Jenis Masakan Telur terdiri atas Telur Balado, Telur Bacem, Telur Terik, Telur Pindang, Telur Bumbu Bali, Telur Dadar Asam Manis, Telur Saus Bangkok, dan Telur Lada Hitam. Selanjutnya, dilengkapi pula dengan 45 jenis Masakan Sate diantaranya adalah Sate Ayam, Sate Sapi, Sate Kambing, Sate Bakso Sapi, Sate Sosis Ayam, Sate Usus, Sate Kulit, Sate Maranggi, Sate Kere, Sate Babat, Sate Kikil, Sate Iso, Sate Tempe, Sate Gembus.

Selain itu, ada pula Sate Buntel, Sate Telur Puyuh, Sate Paru, Sate Bakso Ikan, Sate Keong, Sate Udang, Sate Cumi, Sate Tahu, Sate Otak-Otak, Sate Brutu Ayam, Sate Ati, Sate Rempelo, Sate Klathak, Sate Ceker Ayam, Sate Nugget, Sate Rolde Ayam, Sate Rolade Sapi, Sate Jamur Tiram, Sate Jamur Kancing, Sate Lidah Sapi, Sate Terong, Sate Sayuran, Sate Kepala Ayam, Sate Sapi, Sate Sosis Sapi, Sate Daging Printil, Sate Jantung Ayam, Sate Siomay, Sate Lalapan, dan Sate Burung Puyuh.

“Buffet Kemerdekaan 17 Agustus ini kami banderol Rp 60.000,nett/pax. Masyarakat atau tamu dapat menikmati seluruh sajian ini secara all you can eat atau makan sepuasnya,” pungkas Rinto.

Selain itu, Syariah Hotel Solo juga berinovasi dengan  mengolah cita rasa food and beverage yang dikemas dalam Top Chef Menu Suggestions Of Mounths. Kali ini varian menu yang diusung adalah mengangkat warisan kuliner Indonesia.Pada promo Top Chef Menu Suggestions of The Mounths periode Agustus hingga Oktober ini mengadopsi berbagai kuliner khas Indonesia, di antaranya adalah Spageti Rendang untuk jenis main course, lalu adapula Ongol-Ongol Merah Putih untuk ragam jenis dessertnya.

Pemilihan tema nusantara ini selain merupakan bentuk apresiasi momentum perayaan Hari Kemerdekaann RI pada tanggal 17 Agustus besok, tema tersebut diambil untuk menambah ragam masakan nusantara di Syariah Hotel Solo. Mengingat sampai dengan saat ini, 90 persen jens tamu Syariah Hotel Solo merupakan wisatawan domestik, dan biasanya selalu mencari menu khas daerah.

“Untuk Spageti Rendang ini merupakan masakan fusion campuran antara Italian Food dan Indonesia Food. Bila selama ini spageti identik dengan masakan barat yang disiram pasta, kali ini masakan Spageti dikombinasikan dengan bumbu rendang yang merupakan makanan asli Indonesia. Spageti Rendang ini kami banderol hanya Rp 45.000,++/porsi,”paparnya.

Sedangkan untuk Ongol-Ongol Merah Putih, Arinto menjelaskan, makanan ini merupakan jenis kudapan tradisional yang mulai jarang ditemui oleh masyarakat. Kudapan yang terbuat dari tepung kacang hijau ini memiliki tekstur rasa lembut dan manis begitu disendok. Selain itu yang menarik dari menu ini, apabila biasanya hadir dengan gula merah, pada kesempatan ini Ongol-Ongol diberikan warna merah putih seperti lambang negara, Bendera Merah Putih. Ongol-Ongol Merah Putih ini dibanderol Rp 25.000,++/porsi.

“Ongol-Ongol merupakan salah satu jenis jajanan ndeso yang yang sekarang mulai susah ditemukan. Karena temanya bertepatan dengan momen Agustusan, kami pikir ini menjadi waktu yang tepat pula untuk mengangkat lagi jajanan ndeso ini agar naik kelas dan dapat dinikmati kembali oleh para wisatawan,”ungkapnya.

Tak hanya itu, Syariah Hotel Solo pun meluncurkan dua jenis minuman menyegarkan yang di dalamnya penuh dengan filosofi perjuangan para pahlawan ketika merebut Kemerdekaan RI. Dua minuman special itu yakni Spirit 45 Ice yang merupakan perpadukan adari lime, nata de coco, minuman soda, pudding jelly strawberry, sirup strawberry, daun mint, dan ice cube. Adapula Independent Smoothies Ice kombinasi antara pudding jelly strawberry, sirup sirsak, simple syrup, vanilla ice cream, strawberry syrup, dan ice cube. Kedua minuman ini semuanya dibanderol Rp 25.000,++/gelas. (fau/dbs)

 


Back to Top