HUT RI ke-71

Peringati Hari Kemerdekaan, Hijabersmom Community Semarang Gelar Berbagai Lomba

(gomuslim). Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 menjadi moment yang dimanfaatkan Hijabersmom Community (HmC) Semarang untuk bersilaturahmi menjalin ukhuwah. Dalam rangka HUT RI ke-71 tersebut komunitas para Ibu ini menggelar berbagai lomba yang bisa diikuti para ibu member HmC Semarang dan juga anak-anak. Bertempat di Rumah Brownis Maylissa Jalan  Perintis Kemerdekaan Semarang (Sebelah RS Hermina Banyumanik), HmC Semarang menggelar berbagai kegiatan perlombaan untuk para Mommy dan anak-anak pada Jumat ( 12/08/2016) lalu.

Kemeriahan HUT RI ke-71 didesain menarik dengan ornamen merah putih dari dekorasi tempat penyelenggaraan lomba, dresscode para peserta, dan juga sajian makanan pada acara tersebut. Melalui akun fanspage HmC Semarang, para pengurus berharap kegiatan ini menjadi saranan bagi para member HmC Semarang dan juga anak-anak dalam menjaga kekompakan dan kerjasama tim dalam organisasi. Selain itu, kegiatan tahunan seperti peringatan Hari Kemerdekaan ini akan menjadi agenda rutin HmC Semarang untuk menambah kegiatan-kegiatan rutin lainnya.

Adapun beberapa lomba yang diselenggarakan HmC Semarang adalah Lomba memakai kerudung tanpa kaca, Lomba memasukan benang ke jarum tanpa kacamata, Lomba menduduki balon, Lomba memasukan pencil ke botol, Lomba menyusun sedotan, Lomba makan kerupuk, Best member (member yang aktif mengikuti kegiatan-kegiatan HmC), dan Lomba Best dress untuk member HmC.

HijabersMom Community (HmC) adalah sebuah komunitas ibu hijabers yang dibentuk oleh para desainer muslim Indonesia, yaitu Monika Jufry, Irna Mutiara, Hannie Hananto, Najua Yanti, dan Jenny Tjahyawati. Awalnya, alasan mereka membentuk komunitas ini adalah untuk mengumpulkan kaum ibu hijabers agar bisa saling bertukar-pikiran tentang rumah tangga sampai berwirausaha bersama untuk mengembangkan potensi diri. Karena itu, sambutan masyarakat pun cukup menggembirakan dengan kehadiran HMC ini. Buktinya, sejak diresmikan di Jakarta 2011 lalu, komunitas ini sudah tersebar di beberapa kota di Indonesia.

Menurut Nining staf Humas HMC, komunitas ini sudah bertambah keanggotaannya untuk cabang di beberapa kota. Di antaranya adalah Bandung, Malang, Banten, Padang, Palembang, Semarang, Riau, Sukabumi, Indramayu, Makasar, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Lombok, Aceh, Sidoarjo, Bangka, Bali, Medan, Pontianak, Malang, Ciamis, Bukit tinggi, Ketapang, dan Sampit. Ribuan ibu anggota HMC berasal dari beragam latar belakang dan profesi, seperti ibu rumah tangga, desainer, dokter, notaris, pengusaha, dan lainnya. Mereka dikoordinasi HMC pusat yang berada di Jakarta.

“Kami melakukan koordinasi kepada mereka melalui sosial media, FB/Fanpage, Twitter, Instagram, WA Group. Dari sana, mereka pun melakukan kegiatan secara mandiri dengan masing-masing cabang atau kota memiliki bisnis yang dikoordinasi sendiri, misalnya bazar di berbagai rekanan dengan membawa bendera  HijabersMom cabang atau kota tersebut,” ujar Nining.

Terkait kegiatan yang dilakukan HMC, kata Nining, masing masing cabang atau kota diwajibkan minimal menggelar satu kali acara berupa pengajian rutin sebulan sekali. Sedangkan, kegiatan di luar pengajian bisa bebas dilaksanakan seperti talkshow, demo masak, dan lain-lain yang penting tidak bertentangan dengan aturan-aturan di komunitas. (fau/dbs)


Back to Top