Haji 1437 H/ 2016 M

Perluas Kawasan Mina, Kantor Instansi Pemerintah Saudi Dipindah ke Muzdalifah

(gomuslim). Instansi pemerintah Saudi yang tidak berhubungan langsung dengan urusan haji dipindahkan ke Muzdalifah, dengan dilakukannya pemindahan ini dapat memperluas daya tampung jemaah haji mencapai 300 ribu jiwa.

Dengan dipindahkannya beberapa kantor instansi pemerintah, maka departemen yang tidak berurusan dengan kepentingan haji tidak bertempat di Mina. Pemindahan ini merupakan bentuk kebijakan langsung dari Penasihat Kerajaan Saudi sekaligus Ketua Komite Haji Pangeran Khalid Faishal. Pemindahan kantor pemerintahan dilakukan secara bertahap, saat ini 24 kantor pemerintah telah dipindah, adapun fasilitas kantor di sana telah disiapkan bangunan yang sesuai standar dan lahan untuk jemaah haji yang berada di Muzdalifah juga telah disediakan sebesar 185 ribu meter persegi.

Dengan dikeluarkan kebijakan ini, maka daya tampung jemaah haji bertambah sekitar 23% dari luas Mina sehingga dapat menampung 300 ribu jemaah haji. Kebijakan ini diputuskan berdasarkan pertimbangan bahwa semestinya jemaah haji mendapat ruang yang luas sehingga saat berkumpul di Arafah dan Mina tidak terganggu oleh aktivitas kegiatan perkantoran.

 

 

Proyek pembangaunan komplek gedung pemerintahan ini terdiri dari lima pintu masuk yang dilengkapi dengan hunian dan perkantoran. Pengembangan proyek dilakukan di atas lahan seluas satu juta meter persegi untuk dapat menampung sekitar 10 ribu karyawan termasuk 3200 Kantor serta tempat tinggal, selain adanya 13 bangunan yang disediakan juga terdapat tangki air dengan kapasitas 36 ribu meter kubik untuk pemakain 15 hari. Bahkan di komplek perkantoran instansi pemerintah ini terdapat pertokoan dan juga gardu listrik.

Pemindahan kantor instansi pemerintah ini, tetap mengedepankan aspek kelayakan tinggal atau kelayakan penempatan kantor. Bahkan Pangeran Khalid meminta agar fasilitas yang disediakan sesuai dengan standar modern.

Pada sisi lain, pelayanan jemaah haji adalah tujuan utama dari pemindahan kantor ini. Lembaga Pemerintahan Saudi sejatinya berperan dalam pelayanan haji meski ada yang berperan secara tidak langsung. Namun dari beberapa kantor instansi yang dipindahkan terdapat kantor Departemen Kemanan yang merupakan lembaga yang berhubungan langsung dengan jemaah haji.

Dengan demikian, fungsi pemindahan ini selain untuk memperluas area di Mina dan Arafa, maka jemaah haji juga dapat terpantau saat berada di Muzdalifah. (fh/Alriyad)


Back to Top