3 Jemaah Haji Nigeria Ditahan atas Dugaan Penyelundupan Kokain di Bandara Madinah

 (gomuslim). Suasana di Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah menjadi  heboh dengan peristiwa penangkapan 3 orang jemaah haji asal Nigeria pada Rabu, (17/08/2016). Mereka ditangkap karena dugaan penyelundupan narkoba berjenis kokain. Menurut media Nigeria, 3 orang yang tertangkap adalah mereka yang berangkat haji pada kelompok pertama dan sampai saat ini mereka masih ditahan oleh petugas keamanan Saudi.

Sebagaimana yang dilansir dari Akhbar24, sampai saat ini pihak keamanan bandara belum memberikan penjelasan resmi terkait penangkapan 3 orang jemaah tersebut. Dengan demikian identitas jemaah yang ditahan belum dapat dipublikasikan kepada media karena penangkapan tersebut baru saja terjadi.

Penyelundupan narkoba melalui jemaah haji bukan yang pertama kali terjadi pada tahun ini, pada 2015 narkoba diselundupkan ke Saudi dengan menempatkan narkoba tersebut di bagasi jemaah. Menurut juru bicara otoritas Saudi Issa Al Issa, ada sindikat yang ingin meraup keuntungan dengan cara penyelundupan narkoba ke Saudi melalui jemaah haji.

Cara yang mereka lakukan adalah dengan menggabungkan tas mereka di antara tas jemaah haji sehingga jika diperiksa secara kasat mata hal ini tidak mencurigakan namun aksi penyelundupan tersebut dapat diketahui dengan pemeriksaan sinar X.

Pada dasarnya pemeriksaan di bandara pemberangkatan tergolong ketat, namun lolosnya aksi penyelundupan sampai ke Saudi menimbulkan pertanyaan tentang integritas pemeriksaan di bandara tersebut.  Sehingga banyak pihak berspekulasi bahwa terjadinya hal seperti ini adalah ulah oknum tertentu yang bermain dengan sindikat pengedar narkoba.

Meski 3 orang jemaah Nigeria telah ditangkap atas tuduhan penyelundupan narkoba, namun belum dapat dipastikan jika jemaah tersebut merupakan pengedar, karena pihak keamanan masih menahan jemaah tersebut untuk kepentingan interogasi. Jika ditemukan fakta bahwa jemaah tersebut merupakan penyamaran dari sindikat pengedar narkoba maka otoritas Saudi akan mengenakan sanksi tegas terhadap mereka sesuai dengan hukum yang berlaku di sana.

Penyelundupan narkoba via jemaah haji merupakan hal yang dapat mencoreng kesucian ibadah haji. Sangat disayangkan keberangkatan haji dinodai dengan aksi penyelundupan barang terlarang ini, namun pada sisi lain jemaah haji harus waspada dengan aksi para pengedar yang tidak segan menyisipkan narkoba ke dalam tas jemaah. (fh/Akhbar/Saudi Gulf)


Back to Top