Tambah Rute Penerbangan, Saudia Airlines Impor 25 Pesawat Baru dari Prancis

(gomuslim). Maskapai Saudi  Arabian (Saudia) Airlines semakin gencar mengepakkan sayap penerbangannya, berbagai rute perjalanan ingin digapai oleh maskapai terbesar di Jazirah Arab ini. Pada Kamis (18/08/2016), direktur dan beberapa pegawai Saudia Airlines datang ke Kota Toulouse, Prancis. Kedatangan mereka ke sana adalah untuk memesan 25 unit pesawat berkapasitas besar yang siap dioperasikan pada akhir tahun ini.

Dalam jumpa pers yang berlangsung di Prancis, Direktur Saudia Airlines Ir. Shalih Al Jasir menyampaikan bahwa dalam 3 tahun ke depan Saudia akan memperbarui unit pesawatnya, “Kami dari perusahaan akan bekerja semaksimal mungkin untuk dapat melebarkan sayap penerbangan dan kami akan memperbarui pesawat dalam 3 tahun ke depan,” ujar Jasir.

Jasir juga menjelaskan bahwa pesawat yang dipesan oleh pihak perusahaan adalah pesawat berjenis Airbus A330 dan Boing sebanyak 25 unit. Dari 25 pesawat yang dipesan terdapat 21 pesawat berkapasitas besar dan dapat digunakan untuk jarak perjalanan jauh. Dengan bertambahnya unit pesawat terbang ini maka pihak Saudi menargetkan 45 juta penumpang sampai tahun 2020.

Saat ini maskapai Saudia telah memiliki 1.500 unit pesawat terbang yang semuanya dapat beroperasi dengan baik. Namun dari sekian banyaknya, masih ada beberapa pesawat yang hanya dapat digunakan untuk perjalanan domestik seperti pesawat A330-300 yang hanya mampu menempuh perjalanan sejauh 2.700 mil laut atau sekitar 5 jam perjalanan dan daya angkutnya hanya 200 ton.

Dengan adanya penambahan unit pesawat ini, Jasir berharap bahwa maskapai Saudia dapat menambahkan rute pernerbangan ke sejumlah negara dan memaksimalkan fungsi pesawat sehingga tidak ada penumpang yang terlantar disebabkan kerusakan pesawat dan tidak ada unit penggantinya.

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa Saudia adalah perusahaan maskapai penerbangan milik Kerajaan Arab Saudi yang menduduki posisi 3 besar di seluruh Jazirah Arab. Maskapai ini pun terpilih untuk mengangkut jemaah haji Indonesia pada tahun ini. Meski bukan satu-satunya maskapai terbaik, namun dari beberapa maskapai di Jazirah Arab, hanya Saudia Airlines yang melakukan penerbangan langsung ke Saudi tanpa transit ke negara lainnya.

Jika saat ini Saudi tengah menunggu kedatangan 25 pesawat baru, maka pada bulan Ramadhan  1437 H/2016 perusahaan penerbangan ini telah memesan pesawat high class dengan kapasitas 12 seat saja. Sehingga penumpang yang memesan tiket pesawat type ini dapat merasakan sensasi seperti menggunakan pesawat pribadi.

;lj;k;

Pesawat high class tersebut, memiliki fasilitas yang ekstra luas dan nyaman bagi setiap penumpang. Seat penumpang didesain semi privasi, seat pesawat berada di masing-masing ruangan dan setiap ruangan terdiri dari dua seat. Kemudian di setiap ruangan tersebut disediakan LCD 24” serta meja panjang di samping tempat duduk penumpang, meja ini dapat berfungsi sebagai tempat makan atau alas untuk menulis. Selain itu setiap penumpang dapat tidur pulas dengan menyetel seat menjadi tempat tidur, sehingga perjalanan penumpang tidak membosankan dan membuat lelah serta dapat merasakan sensasi perjalanan seperti menggunakan pesawat pribadi.

Saudia Airlines makin mengepakkan sayap dan ingin menunjukkan pada dunia bahwa maskapai ini memiliki jangkauan yang luas. Sejatinya hasrat yang kuat ini mendapat dukungan dari pemerintah sejalan dengan realisasi dari Visi Saudi 2030, sehingga semua industri atau elemen yang berhubungan dengan pariwisata terus dikembangakan oleh negara yang kaya minyak ini. (fh/Akhbar24)


Back to Top