Rombongan 'Amirul Haj' Diumumkan, Sejumlah Pimpinan Ormas Islam Turut Serta

(gomuslim). Sejumlah pimpinan organisasi Islam masuk dalam rombongan haji bersama Menteri Agama Lukman Hakim  Saifuddin yang akan menunaikan tugas sebagai 'Amirul Haj' (pemimpin jamaah haji) dalam penyelenggaraan haji tahun 1437 Hijriah/2016 Masehi. Rombongan dijadwal menuju tanah suci pada 4 September 2016 dan kembali ke tanah air pada 21 September 2016.

Demikian disampaikan Kasubdit Pembinaan Petugas Haji Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah Khoirizi Dasir di Jakarta.

Penetapan itu merujuk pada Surat Keputusan (SK) Menteri Agama Nomor 418 tahun 2016 yang diumumkan pada Jumat sore kemarin (19/08/2016), terdapat sejumlah tokoh Muslim yang turut serta Lukman Hakim selaku Amirul Haj.

Dalam SK tertera antara lain: Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, KH Miftahul Akhyar (wakil Rais Aam PBNU), Marpuji Ali (anggota Pimpinan Pusat Muhammadiyah) dan Mahsusi (Kapusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Badan Litbang Kemenag).

Selain itu, terdapat nama Hasanuddin AF (Ketua Komisi Fatwa MUI), Abdullah Djaidi (Ketua Umum Pimpinan Pusat Al irsyad Al islamiyah), Mohammad Siddik (Ketua Umum DDII), Masyhuril Khamis (Sekjen PB Al washliyah), Ahmad Bagja (Ketua Dewan Masjid Indonesia) dan Anung Sugihantono (Dirjen Kesehatan Masyarakat).

Selain itu terdapat nama-nama berikut di SK Menteri Agama seperti Agus Sartono (Deputi Menko PMK Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama), Khoirul Huda Basyir (Kabag Pimpinan pada Biro Umum Kementerian Agama) dan Maryono (Kabag Pimpinan pada Biro Umum Kementerian Agama).

Khoirizi mengatakan, Amirul Haj memiliki peran penting dan strategis dalam penyelenggaraan ibadah haji oleh pemerintah Indonesia. Amirul Haj akan menjadi pemimpin jamaah haji Indonesia di Saudi. Dia juga akan melakukan hubungan kenegaraan dalam tataran politik dan memastikan misi haji jamaah Indonesia di Saudi sukses.

Tugas Amirul Haj akan dibantu tim pendamping para tokoh dari berbagai organisasi kemasyarakatan Islam seperti Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia, Al washliyah dan lainnya seperti tersebut di atas.


Back to Top