Data Statistik Saudi: Saat Ini Jemaah Haji Terbanyak di Madinah Berasal dari Indonesia

(gomuslim). Jemaah haji asal Indonesia secara perlahan mulai berdatangan di Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. Jumlah jemaah asal Nusantara telah mengisi ruang pemondokkan haji di kota Nabi Muhammad SAW ini. Sejalan dengan datangnya jemaah Indonesia, lebih dari 100 ribu jemaah haji dari negara lainnya telah bertolak ke Mekkah sehingga jemaah asal Indonesia kini mendominasi jumlah jemaah haji yang berada di  Madinah.

Berdasarkan catatan dari Lembaga Statistic Swasta (LSS) Saudi, hingga kini jemaah haji yang telah memasuki Madinah berjumlah 303.900 orang. Menurut Ketua Humas LSS Saudi Turky Ilyas menyampaikan bahwa, 22.855 jemaah haji baru-baru ini telah tiba di Bandara AMAA Madinah. Kemudian 8.078 jemaah haji telah melintasi terminal imigrasi, adapun jemaah haji yang meninggalkan Madinah menuju Mekkah sebanyak 108.325 orang.

Terkait dengan jemaah haji asal Indonesia, LSS Saudi menyampaikan bahwa jemaah yang paling banyak di Madinah saat ini adalah jemaah haji asal Indonesia dengan jumlah 53.954 orang. Jumlah tersebut masih sepertiga dari total jemaah haji asal Indonesia, jika seluruh jemaah haji berkumpul dalam satu tempat maka jemaah haji asal Indonesia merupakan jemaah terbanyak berdasarkan pengiriman jemaah dari masing-masing negara.

jlkajljl

Jika pada hari-hari pertama jemaah haji asal India disambut oleh beberapa pejabat bandara Saudi dan Konsulat India, namun kedatangan jemaah haji Indonesia kali ini di sambut hangat oleh Imam Besar sekaligus Ketua Umum Pengurus Masjid Haramaian Syeikh Abdurrahman As Sudais. Sambutan hangat diterima jemaah asal Indonesia dengan pemberian bingkisan dari tokoh nomor satu dalam jajaran Kepengurusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Menurut penjelasan dari Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) yang menyambut kedatangan jemaah Indonesia di Madinah, tercatat hingga Sabtu, 20 Agustus 2016 pukul 08.00 waktu Arab Saudi atau 12.00 WIB, sebanyak 169 kelompok terbang (kloter) jemaah haji dari Tanah Air sudah tiba di Bandara AMAA Madinah, Arab Saudi.

Jika hasil pencatatan dari LSS Saudi terdapat 53.954 orang jemaah haji Indonesia yang mendominasi jumlah jemaah di Madinah. Namun lain halnya dengan keterangan Kepala Daerah Kerja (Daker) Airport Jeddah-Madinah PPIH Arab Saudi Nurul Badruttamam Makkiy  yang mengatakan bahwa jumlah jemaah yang telah datang kini mencapai 68.117 orang, sedangkan petugas kloter 845 orang. Sehingga jumlah keseluruhan meliputi PPIH dan jemaah haji Indonesia adalah 68.962 orang.

Dari sekian banyaknya jemaah haji Indonesia yang telah tiba di Madinah, nantinya akan siap bertolak ke Makkah sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh PPIH Arab Saudi. (fh/Alriyadh)


Back to Top