Film Maker Muslim Award 2016

Akhirnya, Inilah Pemenang Piala Empat Khalifah untuk Film Islami

(gomuslim).  Setelah melewati tahap-tahap penilaian,  Film Maker Muslim (FMM) dan Darul Quran Movie mengumumkan para pemenang  FMM Award 2016. Dalam Gala Event yang digelar pada Sabtu (20/08/2016) di Auditorium Universitas Al-Azhar Kebayoran Baru Jakarta Selatan ini diberikan Piala dengan mengambil nama-mana para sahabat Nabi Muhammad SAW.  Juga diberikan penghargaan kepada para insan film islami dalam beberapa kategori.

Adapun penghargaan utama yang dinamakan berdasarkan filosofi keteladanan empat Sahabat Rasulullah Muhammad SAW adalah sebagai berikut:

Peraih Penghargaan Piala Umar Bin Khattab adalah:  BEDASINEMA PICTURES

Piala Umar bin Al Khattab terinspirasi dari seorang yang dahulu paling menentang dakwah Sang Nabi, namun kini jasadnya terbaring tenang di sebelah kekasihnya, Rasulullah SAW. Umar Bin Khattab, bergelar Al-Faruq, pembeda kebaikan dan kebathilan. FMM mempersembahkan piala Umar untuk rumah produksi yang menghasilkan karya-karya paling inspiratif melalui tangan dingin mereka.

Peraih Penghargaan Piala Abu Bakar Ash Shiddiq adalah: AUGI REANDA GUILIANO

Piala Abu Bakr Ash Shiddiq, meneladani Abu Bakar Ash-Shidiq, Sahabat Nabi yang mula-mula masuk Islam. Beliau juga seorang Khalifah Islam pertama. Seorang sahabat yang menemani hijrah Rasulullah SAW.  ke Madinah. FMM mempersembahkan Piala Abu Bakar untuk para Sutradara yang mendedikasikan diri untuk menyampaikan syiar Islam lewat karya-karya mereka.

Peraih Penghargaan Piala Utsman Bin Affan adalah: MUEZZA, BELAJAR DARI KESALAHAN

Piala Utsman bin Affan, terinspirasi dari saudagar yang kaya raya, namun hatinya lebih kaya lagi. Dialah yang paling pemalu diantara sahabat nabi, yang menghabiskan malam-malamnya dengan tadarus dan tafakkur. Utsman, sang khalifah ketiga, pemilik dua cahaya. FMM mempersembahkan piala Ustman bagi mereka, musisi yang mendedikasikan diri menyebarkan kebaikan lewat indahnya harmoni.

Peraih Penghargaan Piala Ali Bin Abi Thalib adalah: UNDERBLACK PICTURE, (BICARA CINTA)

Piala Ali bin Abu Thalib, meneladani Sahabat yang sejak kecil bersama Rasulullah Muhammad SAW dan menggantikan Rasulullah terbaring di ranjang beliau ketika sekumpulan Quraish ingin membunuh Baginda di malam hijrah. Dialah lelaki yang Rasulullah berkata tentangnya "Tak ada pasangan untuk Fathimah kalau tak ada Ali". Bagi mereka yang konsisten berkarya menciptakan serial positif, FMM mempersembahkan piala washi sang Nabi, Ali bin Abu Thalib.

 

 

 

Selain itu juga diberikan hadiah bagi insan film islami untuk sejumlah kategori antara lain:

Film Pendek terfavorit adalah:  UANG SIDANG SETAN

Film Serial Terfavorit:  UANG SIDANG SETAN

Berikutnya para pemain yang mendapat perhargaan adalah:

I. Film Serial

Pemeran Utama Wanita untuk ketegori film Serial

1. Ressa Rere (Ramadhan Halal), Terfavorit

2. Imertha  Garcia (Hijab Love Soey),Terpuji

 

Pemeran Utama Pria untuk ketegori film Serial

1. Ryan Qorry (Ramadhan Halal), Terfavorit

2. Rezhy Ahmad Rezanov (Hijab Love Story ), Tepuji

 

Pemain Pendukung Wanita Untuk Ketegori Film Serial:

 1.  Sita Ratri Saraswati, (Hijab Love Story) Sebagai Pemenang Terfavorit.

  2.  Vivi Afifa, (Hijab Love Story), Sebagai Pemenang Terpuji.

 

Pemain Pendukung Pria Untuk Ketegori Film Seria

1. Anandito Dwis (Hijab Love Story),  Terfavorit

2. Safriyadi Gucci (Hijab Love Story), Terpuji

 

II. Film Pendek

Pemeran Utama Wanita Untuk Ketegori Film Pendek

1. Hana Nurjanah (Cinta Subuh 3), Terfavorit                        

2. Hidayaturrahmi (Sedekah Mulia),  Terpuji

 

Pemeran Utama Pria Untuk Ketegori Film Pendek

1. Andre M. Addin (Batal Mudik), Terfavorit

2. Rezhy Ahmad Rezanov (Ruang Sidan Setan),  Terpuji

 

Peran Pendukung Pria Untuk Ketegori Film Pendek

1. Muhammad Iqbal, Terbaik

2.Heri Junaedi (Qurban Ayam), Terpuji

 

Peran Pendukung Wanita Untuk Ketegori Film Pendek

1. Devi Puspitasari, Terfavorit

2. Ritsa Faizah, Terbaik

Lihat juga: http://www.gomuslim.co.id/read/news/2016/08/10/1134/inilah-daftar-nominasi-penghargaan-film-religi-dalam-ajang-fmm-award-2016.html

Sebelum pengumuman, tampil mengisi acara antara lain MUEZZAMUSIC dan RECE. Keduanya membawakan musikalisasi Shalawat dan lagu Ya Muhammad. Juga diisi dengan taushiyah oleh Ustadz Salman Alfarisy yang mengupas tuntas tentang pentingnya UKHUWAH dalam CINTA sebagaimana dicontohkan Nabi dan para Sahabat.

Acara ini mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat.  Data resmi pengunjung yang mendaftar atau membeli tiket online mencapai lebih dari 500 orang yang datang dari berbagai kota antara lain Jabodetabek, Sukabumi, Bandung, Serang, Makasar dan Banjarmasin. Belum termasuk pengunjung dari masyarakat Al-Azhar yang terus berdatangan hingga acara selesai. (mm/mrz).


Back to Top