Film Maker Muslim Award 2016

Membludak, Ternyata Muda-Mudi Metropolitan Kini Beralih ke Film Islami

(gomuslim). ‘Film Maker Muslim (FMM) Award 2016’ di Audiotirium Universitas Al-Azhar, Kebayoran Baru Jakarta berlangsung marak dipenuhi ratusan peminat film-film bertema religi. Sambutan hangat anak-anak muda terpelajar tersebut makin menyemangati para penggagas FMM Award untuk berkarya lebih kreatif dan produktif.

“Alhamdulillah, kami bersyukur berkali-kali, pada FMM Award tahun kedua ini semakin tampak sambutan masyarakat peminat film-film bermuatan nilai-nilai keislaman. Ini membuat kami tambah bersemangat berkarya untuk mensyiarkan kebaikan kepada masyarakat,”ujar Muhammad Ali Ghifari kepada gomuslim usai acara FMM Award, Sabtu sore (20/08/2016).

Ali Ghifari adalah salah seorang penggagas FMM yang dalam Film Cinta Subuh berperan sebagai produser, penulis skenario, akting coach, dan aktor sekaligus. Selama FMM Award berlangsung, ia adalah pengendali acara dari awal sampai akhir.

Menurutnya, FMM Award digelar untuk mengisi dakwah Islam melalui film-film pendek yang mudah dicerna dan diarahkan untuk menumbuhkan inspirasi positif. Dalam film pendek Cinta Subuh misalnya, respon masyarakat penonton luar biasa. Mereka memberi tanggapan dan saling mendiskusikan, bahkan ada yang bertobat setelah melihat film tersebut, sehingga tim FMM kemudian memproduksi Cinta Subuh 2 dan 3. Demikian juga dari judul lain, respon penonton juga luar biasa.  Ternyata ruang itu terbuka untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap tontonan bermuatan syiar Islam yang sejuk dan bermanfaat.

“Kami bersyukur masyarakat menyambut dengan sangat antusias. Untuk satu film pendek saja ada yang ditonton lebih dari satu juta kali dan hingga hari ini film-film pendek dari hasil produksi kami sudah ditonton oleh lebih dari 10 juta kali,”jelasnya

Sebagai gambaran, berikut adalah tiga film pendek produksi FMM yang mendapat respon luar biasa hingga ada yang ditonton sejuta kali lebih.

  1. Cinta Subuh - Film Pendek Inspirasi: 1.076.557 views
  2. Istri Paruh Waktu - Film Pendek Inspirasi: 979.758 views
  3. CINTA SUBUH 2 : MAHA CINTA - Film Pendek Inspirasi: 749,673 views

Mengenai konten atau muatan dalam nilai-nilai Islam yang dibawakan dalam skenario, Ia mengakui tidak mudah meramunya. Ada tim materi yang mendiskusikan secara mendalam bahkan ada yang secara khusus bertugas melakukan riset kecil sebelum menuangkan dalam bentuk ide kemudian disusun dalam skenario secara utuh.

 

 

“Dalam FMM Award tahun kedua di 2016 ini, kami membawakan tema Cinta dalam Ukhuwah atau cinta dalam persaudaraan sesama muslim dan sesama umat manusia. Kami menyadari banyak perbedaan pandangan dan perspektif dalam agama di tengah masyarakat, tetapi marilah kita lupakan perbedaan dan jalin persatuan. Itu pesan yang ingin kami sampaikan kepada masyarakat, seperti Nabi dan para sahabat dahulu yang dipersatukan dalam iman dan Islam dengan akhlak yang mulia,”tambahnya.

Ia menyadari, siapa pun yang mencoba menebarkan kebaikan di muka bumi ini biasanya ada saja yang menyerang dari berbagai sisi. Akan tetapi hingga tahun kedua FMM Award digelar, mudah-mudahan para pendukung yang bertambah sehingga makin besar dan makin membawa pengaruh kebaikan bagi masyarakat.

“Doakan semoga kami terus dapat berkarya dan produk kami bertambah baik sehingga semakin memberi manfaat luas bagi masyarakat pada tahun ketiga dan seterusnya mendatang,”pungkasnya. Dengan sambutan positif dari masyarakat, tahun berikutnya diharapkan dikemas lebih dahsyat dengan persiapan yang lebih sempurna. Semoga. (mm/mrz)

 

 

 


Back to Top