Siap Laksanakan Ihram, 27 Ribu Jemaah Haji Tinggalkan Kota Madinah

(gomuslim). Secara perlahan jemaah haji sudah meninggalkan Madinah menuju Mekkah untuk pelaksanaan ihram. Armada bus disiapkan oleh petugas haji Saudi, kesiapan transportasi pengangkut jemaah haji telah dilakukan jauh hari sebelum masuknya musim haji. Sampai saat ini, bus masih digunakan sebagai transportasi untuk mengangkut sebagian besar jemaah sebelum selesainya proyek Kereta Cepat Haramain.

Berkaitan dengan jemaah yang telah meninggalkan Madinah, tercatat 27 ribu jemaah haji telah beranjak dari Miqat Halifah Madinah menuju Mekkah Mukarramah, untuk melakukan niat ihram dan niat haji serta mulai mengucapkan talbiyah. Mereka diangkut dengan 630 unit bus yang bergerak secara bolak-balik dari Mekkah-Madinah dan Madinah-Mekkah. Setelah tiba di Mekkah telah disiapkan pembimbing haji sehingga jika membutuhkan arahan atau fatwa dapat langsung ditanyakan pada yang bersangkutan.

Menurut anggota Organisasi Haji Swasta Saudi Faishal Sandy, bahwa di miqat ini telah hadir kelompok jemaah  dari 121 tempat. Mereka berangkat menuju miqat ihram dan shalat serta melakukan niat haji kemudian mulai melakukan talbiyah. Sedangkan bagi yang membutuhkan layanan medis, maka dapat diantar ke rumah sakit karena sudah ada petugas khsusus yang menangani hal tersebut mereka terdiri dari para petugas keamanan dan penanggung jawab perjanalan.

Program kerja panitia penyelenggara haji semuanya telah terintegrasi dengan tim kerja lainnya selama musim haji berlangsung. Misalnya saja petugas pengangkut jemaah haji harus bersinergi dengan petugas kesehatan, konseling dan lainnya yang berhubungan dengan kelancaran prosesi haji. Pengangkutan jemaah dari Madinah ke Mekkah adalah bagian dari program prioritas otoritas terkait, mengingat hal tersebut merupakan bagian dari ritual pelaksanaan haji atau umrah. Karena jemaah yang tiba terlebih dahulu di Madinah, merupakan jemaah haji tamattu’ mereka akan pergi ke mekkah dan melakukan niat haji setelah membayar dam (denda).

Sehingga jika ada hal-hal yang dipertanyakan, setiap petugas harus dapat mengarahkan ke tempat khusus berkaitan dengan pertanyaan tersebut. Jemaah haji yang tiba di Madinah, bermukim selama 8 hari di sana untuk melakukan shalat arba’in (shalat 40 kali) di Masjid Nabawi Madinah, lantas setelah itu beranjak menuju Mekkah untuk melaksanakan ihram.

Untuk diketahui sebelum meninggalkan Madinah dan menuju Mekkah, jemaah haji dibawa ke pemondokan terlebih dahulu. Dari pemondokan di Madinah, jamaah singgah di Masjid Bir Ali untuk mengambil miqat. Mereka mengenakan pakaian ihram, melakukan salat sunah Ihram, dan membaca niat umrah. Selanjutnya, jamaah berangkat dengan bus menuju pemondokan di Makkah. Perjalanan memakan waktu sekitar tujuh jam. Dalam waktu 7 jam tersebut, sudah termasuk istirahat kira-kira 2-3 jam. (fh/Alriyadh)


Back to Top