Permudah Wisatawan Muslim, New Zealand Luncurkan ‘Halal Food Guide’

(gomuslim). Baru-baru ini sebuah Negara yang terkenal dengan keindahan landscape alamnya ini membidik pasar konsumen wsiatawan muslim. Negeri yang dikenal dengan nama Selandia Baru ini memperkenalkan panduan wisata kuliner terbaru khusus makanan halal. Panduan tersebut dikembangkan dengan dukungan Tourism New Zealand dan juga bimbingan dari Direktorat Muslim Kiwi dan Federasi Asosiasi Islam Selandia Baru (FIANZ). Halal Food Guide in New Zealand ini bertujuan untuk memudahkan wisatawan Muslim, termasuk dari Indonesia, saat sedang berkunjung ke negeri Selandia Baru.

Manager Regional Asia Tenggara dan Asia Selatan Tourism New Zealand Steven Dixon menjelaskan panduan ini ditujukan untuk memberikan pengalaman yang berkesan kepada wisatawan Muslim saat berkunjung ke Selandia Baru sekaligus memastikan mereka akan memperoleh pengalaman terbaik dalam menikmati kuliner berkualitas tinggi yang ada di negara ini.

Selain informasi pariwisata umum, dalam Halal Food Guide in New Zealand ini terdapat daftar restoran dan kafe bersertifikat halal. Tak hanya itu, panduan juga memberi info restoran dengan jenis hidangan pilihan. Dengan reputasinya sebagai pusat pertemuan aneka budaya, New Zealand dapat memanjakan selera para wisatawan muslim dengan berbagai sajian halal, seperti sajian kaya rasa dari India hingga Asia dan Timur Tengah.

Tempat-tempat makan juga dihadirkan dalam panduan ini yang beraneka ragam. Selain menciptkan menu Pacific Rim dengan seafood yang segar, keju bertaraf internasional dan daging domba, para ahli masak Selandia Baru juga meramu berbagai hidangan yang cocok untuk pengunjung dari negara manapun.Daftar restoran dalam panduan ini dibagi dalam tiga kategori, yaitu Restoran Halal yang bersertifikasi FIANZ, Restoran Halal yang dimiliki Muslim (pemilik restoran-restoran ini menjamin bahwa hidangannya halal), dan Vegetarian (restoran yang walaupun tidak bersertifikasi halal atau dimiliki Muslim, namun hanya menyajikan menu vegetarian). Restoran dengan sajian halal yang terdapat dalam panduan ini diambil dari Kiwi Muslim Directory sebagaimana direkomendasikan oleh FIANZ yang informasinya telah diverikasi.

Steven Dixon menyebut bahwa pilihan makanan Selandia Baru tidak hanya sebatas fish and chips dan barberque. “Para ahli kuliner kami telah mengembangkan berbagai sajian khas Pacific Rim yang istimewa. Kami menyadari pentingnya kemudahan akses informasi tentang pilihan bersantap yang dapat dinikmati oleh wisatawan Muslim dan panduan ini menunjukkan komitmen kami untuk lebih meningkatkan posisi Selandia Baru sebagai tujuan wisata yang ramah bagi wisatawan Muslim,” tambah Steven, seperti dilansir dari publikasi MuslimVillage.

Ketua Federasi Asosiasi Islam Selandia Baru Hazim Arafeh mengatakan bahwa organisasinya sangat senang dapat berkaloborasi dengan Tourism New Zealand dan Direktorat Muslim Kiwi dalam membuat panduan bermanfaat bagi wisatawan Muslim. Kata Hazim,  panduan Makanan Halal lebih memberikan  kepastian kepada wisatawan Muslim dan akan menjadi sumber terpercaya bagi wisatawan dan pebisnis Muslim yang berkunjung ke Selandia Baru.

Panduan ini pun dilengkapi dengan daftar rencana perjalanan beserta pilihan destinasi wisata yang ada di Selandia Baru dalam berbagai bahasa asing dunia, termasuk bahasa Indonesia. Berikut adalah link panduan berbahasa Indonesia yang bisa Anda unduh secara gratis; http://www.newzealand.com/id/feature/halal-guide-for-new-zealand/. (fau/dbs)

 


Back to Top