Kini Produk Halal Rambah Toko Roti di Nagoya dan Tokyo

(gomuslim). Baru-baru ini, Jepang kembali meluncurkan sebuah produk halal berupa toko roti. Pasalnya, roti memang menjadi makanan yang menjadi salah satu favorit rayat negeri sakura tersebut. Karena itu, toko roti banyak tersebar di kota-kota di Jepang, khususnya di daerah dekat  ruang publik, seperti sekolah, stasiun, dan lainnya. Tapi, di sisi lain, toko-toko roti tersebut banyak yang tidak mengantongi sertifikat halal dari lembaga Islam setempat. Hal ini menjadi sebuah kesulitan bagi muslim di Jepang atau para wisatawan muslim yang sedang traveling ke negara tersebut.

Untuk itu, kini Jepang membuka beberapa toko roti yang bersertifikat halal demi memudahkan konsumen muslim. salah satunya adalah Ali Bakery yang terletak di depan Universitas Nagoya. Ali Bakery punya banyak pilihan roti, karena itu toko roti halal ini tak hanya populer di kalangan pelanggan Muslim di sekitar Universitas Nagoya, namun orang Jepang juga menyukainya.

Mr. Ali pemilik toko roti halal ini sudah tinggal di Jepang selama 8 tahun. Selama tinggal di Jepang ia mengalami kesulitan mencari makanan Halal, karena itu Ali selalu memasak sendiri. Awalnya Ali bekerja di perusahaan IT, tapi dengan adanya keterbatasan itu akhirnya Ali membuka toko sendiri bersama sang istri. Ali  membuka toko roti halal ini dengan harapan ingin memenuhi kebutuhan umat Muslim, membuat makanan yang sehat dan tidak menggunakan bahan yang tidak baik. Dalam membuat adonan roti, Ali tidak menggunakan bahan baku hewani, tapi menggunakan bahan makanan dan sayuran organik. Saat menentukan bahan makanan, Ali membaca proposal perencanaan dengan seksama, demi mengutamakan keamanan bahan makanan. Menu yang menggunakan daging juga ada, tapi daging yang digunakan adalah daging bersertifikat Halal.

Setiap hari Ali Bakery menjual 20 hingga 30 jenis roti. Tapi apabila semua menu digabung, semuanya berjumlah 40 jenis dan pilihannya sangat beragam. Selain itu, di toko roti ini, Ali juga menyediakan ruang shalat, sehingga bagi para pembelinya yang sedang melakukan perjalanan, bisa melaksanakan shalat di tempat tersebut.

“Kami memiliki konsep “Halal, Sehat, Semua Orang Bisa Menikmati”. Kami akan terus berusaha yang terbaik  untuk Anda dan menunggu kedatangan Anda, “ kata Ali, seperti dilansir dari publikasi HalalMediaJapan.

Tidak hanya Ali Bakery, sebuah toko roti bernama My Bread Bakery juga menyediakan roti halal bagi konsumen muslim. Bahkan, beberapa waktu lalu Liaison Project mengadakan kursus membuat roti yang bisa dimakan juga umat Muslim. Mereka mendukung “My Bread Bakery” atau sering dikenal dengan Halal Bakery Cafe Liaison yang dibuka kembali baru-baru ini. kursus membuat roti halal ini berlangsung dengan pilihan waktu dua sesi yang berlangsung di Higashigotanda, Shinagawa-ku, Tokyo, Jepang.

“Karena aku sangat suka roti, hanya dengan melewati toko roti dan mencium aromanya saja sudah membuat bahagia. Tapi kali ini aku bisa membuat roti sendiri, kebahagiaanku jadi berlipat ganda. Selain itu, aku berterima kasih pada para guru karena telah menjelaskan dengan sederhana sehingga mudah dipahami dan ramah. Acara seperti ini sangat menyenangkan, “ ungkap salah satu peserta kursus. (fau/halalmediajapan/dbs)

 

 

 


Back to Top