Tahun Depan, Universitas Islam Bandung Akan Miliki Program Pendidikan Profesi Farmasi Syar`i

(gomuslim). Baru-baru ini, Universitas Islam Bandung (Unisba) mengumumkan akan membangun sebuah program studi baru yang akan menjadi bagian dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Program tersebut dibangun sebagai alasan dari perkembangan produk halal yang semakin pesat di Indonesia. Karen aitu, Unisba sebagai salah satu lembaga pendidikan akan mempersiapkan para mahasiswanya agar mumpuni dalam menyemarakkan berbagai sektor produk halal. Salah satunya adalah produk obat halal, yang mana Unisba akan mendirikan pendidikan untuk profesi farmasi syar`i.

Menurut Ketua Prodi Farmasi FPMIPA Unisba Amir Musadad Rektor Unisba memiliki ide sebagai Universitas Islam yang menjadi pelopor masalah keislaman termasuk produk halal. Amir menjelaskan, Unisba akan terus melakukan peneltian obat, makanan, dan farmasi yang halal. Profesi farmasi yang akan dididik secara syar`i itu menurut dai akan mulai dirintis tahun depan. Jadi, tambah Amir, mahasiswa tahu produk farmasi yang halal bagaimana, itu akan diberikan di mata kuliah.

Menjadi pelopor masalah produk-produk halal harus dilakukan oleh Unisba. Untuk itu, Amir mengatakan Unisba membentuk ikatan mahasiswa peduli halal. Ikatan ini, dibentuk untuk memberikan edukasi ke masyarakat dan bagian dari pengabdian Unisba untuk dimanfaatkan ke masyarakat.

Adapun Prodi Farmasi Unisba didirikan pada tahun 2006 di bawah unit pengelola Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Prodi Farmasi FMIPA Unisba didirikan dalam rangka memenuhi kebutuhan apoteker di Indonesia terkhusus yang memiliki kualifikasi ahli di bidang bahan alam. Saat ini industri farmasi khususnya obat bahan alam sudah mulai menggeliat, namun sarjana farmasi yang mahir dibidang bahan alam baik dalam hal teknologi farmasi bahan alam, formulasi, studi analisis bahan alam, serta farmakologi dan farmakodinamika terkait bahan alam masih belum banyak tersedia.

Prodi Farmasi Unisba memiliki beberapa pilihan Kelompok Bidang keilmuan (KBK), diantaranya  Farmakologi, Kimia farmasi, Farmakologi Farmasi Bahan Alam, dan Ilmu Dasar. Kompetensi lulusan Program Studi Farmasi ini diharapkan bisa menjadi ahli dalam proses pembuatan obat yang halalan thoyiban, juga dapat berperan dalam industri pembuatan kosmetik, alat kesehatan, makanan dan minuman serta hal-hal yang terkait dengan penjaminan mutu dan keamanan dari produk-produk tersebut.

Tujuan pendidikannya adalah untuk menghasilkan insan terdidik yang berpotensi menjadi mujahid (pejuang) mujtahid (peneliti) dan mujaddid (pembaharu), menghasilkan temuan-temuan baru di bidang MIPA yang bermanfaat bagi umat, masyarakat, bangsa dan Negara, melalui berbagai kegiatan penelitian, dan menegakan nilai-nilai Islam dan budaya Islami secara damai kepada individu, keluarga, masyarakat, bangsa dan Negara. (fau/unisba/dbs)

 


Back to Top