Skotlandia Resmikan Seragam Hijab untuk Polisi Muslimah

(gomuslim). Baru-baru ini, Kepolisian Skotlandia mengumumkan peraturan terbaru terkait penggunaan seragam untuk para anggotanya. Kepolisian setempat kini memperbolehkan para polisi wanita yang Muslim untuk melengkapi seragam kepolisian mereka dengan hijab. Padahal, pakaian muslim di Eropa belum mendapat tempat yang baik dan bebas di beberapa negara, tapi Skotlandia mengambil inisiatif dalam menghargai keyakinan pemeluk agama, yaitu dengan memperbolehkan muslimah polisi wanita berhijab dengan seragam mereka.

Kepala Kepolisian Skotlandia Phil Gormley mengatakan bahwa kepolisian Skotlandia harus merepresentasi komunitas yang dilayaninya. Beragamnya komunitas yang ada di masyarakat Skotlandia, termasuk adanya komunitas masyarakat Muslim, menjadi alasan tersendiri anggota kepolisian Skotlandia memiliki hak untuk menggunakan atribut keagamaan seperti hijab.

“Saya harap pilihan tambahan terhadap seragam kita ini dapat berkontribusi sebagai salah satu bentuk sikap menghargai perbedaan, juga meningkatkan kualitas anggota dan staff kepolisian di Skotlandia,” jelas Gormley, seperti dilansir dari publikasi BBC.

Langkah ini juga disambut baik oleh Kepala Asosiasi Polisi Muslim Skotlandia, Fahad  Bashir yang menganggap langkah ini sebagai langkah positif dalam menghadapi perbedaan. Kata Fahad, ini merupakan langkah positif yang sangat tepat, dan menyambut gembira Kepolisian Skotlandia yang bisa mengambil langkah yang positif untuk memastikan bahwa organisasinya merepresentasikan adanya perbedaan komunitas yang tersebar di seluruh Skotlandia.

“Tidak diragukan lagi, langkah ini juga dapat memacu para wanita Muslim dan kaum minoritas dari etnis lainnya untuk mau bergabung dengan Kepolisian Skotlandia,” tambahnya.

Menurut data kepolisian Skotlandia, sepanjang tahun 2015 dan 2016, ada 127 orang dari yang berkulit hitam, asia, dan berbagai etnis minoritas yang melamar menjadi polisi. Angka itu hanya 2,6 persen dari kebutuhan yang diinginkan. Karena itu, dengan kebijakan ini, diharapkan akan mendorong warga dari etnis dan agama mana pun, untuk tanpa ragu, ikut bergabung dalam satuan kepolisian.

Selain itu, untuk di Indonesia sendiri sebagai negara bermayoritas masyarakat Muslim, pihak kepolisian baru meluncurkan keputusan yang memperbolehkan para polisi wanita untuk berhijab di tahun 2015 lalu, berdasarkan keputusan Kapolri No 245/III/2015 tentang perubahan atas sebagian surat keputusan Kapolri no pol SKEP/702/X/2005 tanggal 30 September 2006 tentang sebutan penggunaan pakaian dinas seragam Polri dan PNS Polri. (fau/bbc/dbs)

 

 


Back to Top