Kini Ibadah Jadi Lebih Mudah dengan Munculnya Aplikasi Kurban dan Zakat

(gomuslim). Diantara kita pasti pernah merasakan bagaimana susahnya mencari hewan kurban ketika tiba masanya musim haji. Harga hewan melonjak mahal karena langkanya hewan kurban,  begitupun ketika ingin melakukan zakat ataupun sedekah. Namun hal seperti itu tidak akan kita alami lagi saat kita memanfaatkan kemajuan jaman.

Dengan berbagai inovasi dan kemudahan, berkurban sekarang semakin mudah. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menjadikan kemudahan sebagai keniscayaan, termasuk dalam hal menjalankan ibadah kepada Allah. Sebuah lembaga amil zakat yang bernama LAZNAS BMH atau Baitul Maal Hidayatullah, baru-baru ini meluncurkan Aplikasi zakat dan kurban untuk memudahkan para muzaki menunaikan kewajiban zakat.

Dengan peluncuran Apps ini, pihak BMH berharap bisa semakin dekat dengan umat, sehingga berzakat dapat semakin mudah dan cepat. Termasuk di momentum kurban seperti sekarang, berkurban pun bisa lebih mudah melalui Apps LAZNAS BMH,  seperti yang diungkapkan Direktur utama BMH Supendi.

Dalam aplikasi ini terdapat fitur yang beragam dan menu pembayaran multifungsi yang mudah digunakan untuk menunaikan donasi dalam menunaikan kewajiban dan mengasah kepedulian. Jadi, donasi lebih simple bisa ditunaikan dimana saja dan kapan saja, kata Supendi.

Kelebihan dari Aplikasi ini juga memberikan pembaruan info seputar BMH yang juga dilengkapi dengan chanel donasi ATM Bersama, kartu kredit, Mandiri Click Pay, Mandiri e-cash, XL Tunai dan beragam kemudahan lainnya.

Sebelumnya, Baitul Maal Hidayatullah merupakan lembaga amil zakat yang bergerak dalam penghimpunan dana zakat, infaq, sedekah kemanusiaan, CSR perusahaan. BMH juga melakukan distribusi melalui program pendidikan, dakwah, sosial dan ekonomi secara nasional.

   

Pada tahun 2001 Menteri Agama menerbitkan SK Legalitas yang mengukuhkan BMH sebagai lembaga amil zakat nasional (LAZNAS). Namun, kiprahnya telah lebih dahulu berjalan ketika awal berdirinya pesantren Hidayatullah di Gunung Tembak, Balikpapan. Kini dengan hadirnya jaringan 54 kantor cabang di seluruh Indonesia, Laznas BMH semakin mengukuhkan langkah untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam menunaikan serta mengoptimalkan dana ZIS yang terhimpun melalui program yang berorientasi pada kemaslahatan umat.

Melalui program pendidikan, dakwah, ekonomi dan sosial merupakan upaya mengurai masalah sosial dan membangun insan yang lebih bermartabat. Kini kiprahnya tersebar di 33 provinsi, dari perkotaan hingga desa terpencil dan pedalaman. Aktifitas pemberdayaan dibangun melalui 238 pesantren yang mayoritas di daerah terpencil, ratusan sekolah serta ribuan dai yang berkiprah. Tak lupa juga komunitas masyarakat merupakan energi untuk menjadi penggerak perubahan menuju masyarakat yang lebih berdaya, religius dan mulia.

BMH kini hadir sebagai lembaga zakat yang lebih flesksibel dan bisa di jangkau dengan mudah, dengan menghadirkan aplikasi ZIS dan kurban untuk smartphone. (mrz/dbs)

 

 


Back to Top