‘Call and Whatsapp Center’, Layanan Terbaru untuk Komunikasi Jemaah dan Panitia Haji

(gomuslim). Untuk menjalin komunikasi dengan mudah kepada para Jemaah Haji, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi merilis call center dan whatsapp/SMS center. Hal ini  dilakukan untuk melayani dan mendekatkan jemaah haji dalam mengakses layanan petugas, menerima saran, masukan dan aduan. Dengan mengusung motto “Kami Ada Untuk Melayani Jemaah”, PPIH  siap menerima aduan selama 24 jam melalui call center di nomor 920013210, serta Whatsapp/SMS Center di nomor 0503500017.

Ketua PPIH Ahmad Dumyati Basori mengatakan hal ini dilakukan sebagai bagian dari mata rantai upaya pihaknya untuk mendekatkan jemaah kepada para petugas dan untuk mengumpulkan pengaduan, yaitu melalui sms center, whatsapp  center dan call. Dengan adanya jalinan komunikasi ini, Ia berharap, call center dan Whatsapp/SMS Center bisa segera dipahami jemaah haji dan keluarganya serta dimanfaatkan oleh mereka sebagai sarana menyampaikan aduan, saran dan masukan. Untuk saat ini pihaknya masih fokus terhadal sosialisasi agar call center tersebut bisa diketahui secara luas.

Dumyati juga menjelaskan pengaduan yang masuk sampai saat ini belum terlalu banyak, baru sekitar 100 aduan, baik melalui sms atau WA center, call center, dan ada juga yang melalui sarana komunikasi sejenis HT yang digunakan oleh tim PPIH.

“Lewat program ini akan jauh lebih banyak setelah kita siapkan call center. Kita telah siapkan tenaga untuk mendata. Tapi kenyataannya masih sedikit pengaduan yang masuk. Apakah karena tidak ada persoalan yang dihadapi jemaah atau karena jemaah tidak memahami nomor ini,” jelas Dumyati, seperti dilansir dari publikasi Media Center Haji (MCH) Daker Makkah.

Lebih lanjut, ia mengatakan, pihaknya akan menggalakkan sosialiasi keberadaan layanan saluran pengaduan masalah haji ini, baik melaui banner, leaflet, dan lainnya. Sosialisasi juga dilakukan secara langsung kepada masing-masing ketua kloter, ketua rombongan, dan ketua regu agar secara berkesinambungan ikut menosilasasikan kepada jemaah. Sehingga, tambah Dumyati, ketika jemaah menghadapi persoalan, mereka bisa segera mengadukannya melalui media ini. 

Selain itu, PPIH juga memastikan bahwa setiap aduan yang masuk akan segera ditindaklanjuti oleh tim media center yang telah ditunjuk di Kantor Urusan Haji (KUH) Jeddah. Jika ada aduan yang tidak bisa diselesaikan, tim media center akan mengirimnya kepada Ketua PPIH untuk diteruskan kepada masing-masing penanggung jawab yang relevan dengan masalah dalam aduan. (fau/ppih/dbs) 


Back to Top