Inilah Hotel Syariah Pertama di Kawasan Gunung Fuji Jepang

(gomuslim). Peningkatan jumlah wisatawan muslim ke Jepang sangat pesat pada beberapa tahun terakhir ini,  sehingga muncul berbagai tempat yang memberikan sertifikat halal. Selain itu, produk makanan, kosmetik, dan lainnya juga mulai merambah ke sertifikasi halal untuk menjamu para wisatwan muslim di negeri sakura tersebut. Salah satu yang terbaru dari Jepang soal pariwisata halal adalah peluncuran Hotel Syariah pada Juli 2016 di kawasan Gunung Fuji, bernama Syariah Hotel Fujisan. Apalagi Gunung Fuji adalah salah satu dari destinasi pilihan favorit para wisatawan saat berkunjung ke Jepang. Hal ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan muslim yang mau berkunjung ke kawasan Gunung Fuji dengan tak lagi risau soal menemukan akomodasi halal di daerah tersebut.

Presiden Shigeru Yamashita Pemilik hotel tersebut mengatakan Syariah Hotel Fujisan ini berasal dari fasilitas yang direnovasi dari sebuah rumah kosong dilengkapi dengan ruang doa khusus, mushala dan tentu menyediakan makanan halal. Karena, Yamashita ingin hotel ini menciptakan lingkungan yang nyaman bagi wsiatawan muslim. Makanannya pun menggunakan bumbu daging sapi dan fermentasi halal.

"Awalnya ada acara oleh organisasi tertentu dengan sasaran kaum muslim, sejak saat itu saya tertarik dan akhirnya menjadikan hotel ini sebagai hotel khusus bagi kaum muslim," jelas Yamashita, seperti dilansir dari publikasi TheDailyJapan.

Hotel yang berada di Kota Fuji Kawaguchiko ini mulai menyediakan makanan halal sesuai dengan keinginan umat Islam. Ide mendirikan hotel syariah ini terjadi pada April 2016, ketika Yamashita berbicara dengan keluarga muslim datang untuk pariwisata mengeluhkan tidak adanya mushala untuk salat dan ini menjadi perhatian utama Yamashita. Sejak saat itu pula Yamashita berpikiran untuk mengkhususkan diri membuka hotel muslim dengan delapan kamar. Selain ada mushala dan tempat untuk shalat, di dalam kamar ada pula arah kompas ke arah Mekkah, serta sajadah untuk ibadah.

”Saya tidak berpikir pelanggan banyak masuk sejak awal. Paling juga nanti setelah lima tahun baru kelihatan mungkin," tambahnya.

Hotel ini juga terdaftar di sebuah online hotel internasional sehingga siapa pun bisa booking dengan mudah. Apalagi Wisatawan Indonesia dan Malaysia pada tahun 2015 masing-masing hadir ke Jepang telah melampaui total 8.000 orang khususnya yang beragama Islam. Jumlah tersebut dipastikan akan semakin meningkat karena adanya bebas visa bagi orang Indonesia menggunakan e-passport sejak Desember 2014. Yamashita juga mempertimbangkan untuk membuat masjid kecil di dekat hotelnya, jika usaha hotelnya berjalan sukses dengan para tamu muslimnya.

Kehadiran hotel syariah ini semakin melengkapi fasilitas-fasilitas baru dari Gunung Fuji. Sebelumnya pihak pengelola baru saja menyediakan wifi di berbagai area untuk para pendaki. Dengan semakin banyaknya wisatawan Muslim yang berkunjung ke Jepang, serta dengan daya tarik Gunung Fuji, Syariah Hotel Fujisan bisa menjadi pilihan utama turis yang beragama Islam saat berlibur. (fau/dailyjapan/dbs)

 

 

 


Back to Top