Jadi Kuliner Favorit di Jepang, Kini Ramen Sediakan Menu Halal

(gomuslim). Bagi para pecinta kuliner, kudapan asal negeri sakura ini sudah tidak asing lagi. Selain bento, sushi, dan makanan khas Jepang lainnya, Ramen menjadi kuliner favorit di negeri tersebut. Hal tersebut juga menjadi ladang bisnis bagi para pengusaha makanan di Indonesia yang membuka restoran makanan berbahan mie dan kuah khas ini di beberapa kota Nusantara. Apalagi di tempat asalnya. Warung makan atau warga Jepang sering menyebut dengan Kedai Ramen pun banyak ditemui di beberapa kota. Karena semakin banyak yang mencari kuliner khas Jepang ini, inovasi pembuatan menu halal pun dilakukan demi menjamu para wisatawan muslim yang beberapa tahun terakhir ini rutin mengunjungi Jepang.

Salah satu kota besar di Jepang  yang menyajikan restoran ramen halal adalah Kota Nara. Kota ini adalah salah satu kota destinasi utama di wilayah Kansai.Restoran ramen halal ini bernama Nara-Machi Jinnyah yang diambil dari Bahasa Arab dan memiliki arti penyihir. Lokasinya berada di Nara Machi (Nara Town) yang adalah salah satu wilayah populer untuk sightseeing di kota yang pernah menjadi Ibukota Jepang tersebut.

Seperti dilansir dari publikasi TheDailyJapan,  beberapa menu Ramen halal di restoran ini ada beberapa macam. Pertama, Halal Ramen jin seharga 741yen yang berisi  Mie, ayam keema, wortel kinpira, kentang, dan trefoil. Ada lag Halal Ramen jinniyah 1,112yen dengan komposisi  Mie, ayam keema, wortel kinpira, papad, telur rebus, dan trefoil,  Halal Ramen Naramachisouq 1,667yen berisi Mie, ayam keema, 4 macam salad, wortel kinpira, papad, telur rebus, udang, cumi-cumi, tomat, bawang, paprika hijau, dan trefoil. Menu lainnya adalah  Chai dengan biskuit dan Ice Chai dengan biskuit. 

Selain itu, restoran ini juga menyediakan tempat untuk wisatawan muslim beribadah. Untuk harga memang cukup merogoh kocek, namun merasakan ramen halal tentu akan memberikan sensasi tersendiri. Jika wsiatawan tertarik untuk mencoba ramen menu halal ini  saat berada di Nara ataupun Kansai, mereka bisa merujuk ke alamat 33 Minamijōdochō, Nara-shi, Nara-ken 630-8341, Japan.

Selain di Kota Nara, Kedai Ramen Halal juga tersebar di kota-kota lain di Jepang, di antaranya adalah Resto  bernama Naritaya adalah sebuah restoran ramen yang melayani ramen halal terdapat di 2-7-13, Asakusa, Taito-ku, Tokyo. Restoran ini menyediakan mie segar (menggunakan gandum Jepang) yang dibuat di pabrik mereka sendiri. kaldu sup ramen menggunakan ayam dan bahan-bahan yang dipilih secara seksama, menu andalan mereka yakni “Zaru Ramen”. Ada juga Kedai bernama Ka Ta Ta Ta yang merupakan  restoran Cina yang menyajikan menu halal di dekat Masjid Hiro di Roppongi, Tokyo. Selain menu masakan Cina yang halal, disini juga terdapat ramen. Berlokasi di Motoazabu, Minato-ku Tokyo. restoran yang hanya menggunakan daging halal ini dibuka untuk semua, baik wisatawan muslim ataupun warga lokal.

Selain beberapa restoran tersebut, masih terdapat banyak restoran  yang menyediakan menu halal di Jepang. Hal tersebut dilakukan Pemerintah Jepang untuk mendukung proyek destinasi wisata halal di Jepang yang semakin berkembang beberapa tahun terakhir ini. (fau/dailyjapan/dbs)

 

 

 


Back to Top