Empat Srikandi NU Banat Pamerkan Busana Muslim di Ajang Internasional

(gomuslim). Empat srikandi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nahdlatul Ulama (NU) Banat, Kudus, Jawa Tengah, dijadwalkan akan berangkat ke pagelaran busana bergengsi di Hong Kong (CenterStage), dengan didampingi oleh para mentor serta tim pendukung, seperti IFC dan Djarum Foundation.

Mereka menjadi empat wanita yang beruntung untuk dapat menjajal panggung bergengsi di dunia sambil memamerkan brand teranyar mereka, yakni Zelmira, dengan mengalahkan ratusan peserta setelah melalui tahap penyeleksian yang panjang dan ketat oleh para selektor yang expert di bidangnya masing-masing, seperti Sofie (Business and Local Conceptor), Dina Midiani (Trend and Brand Conceptor), Ali Charisma (Business and Creativity International), dan Lisa Fitria (Textile and Design Expert).

Keempat wanita beruntung tersebut ialah, Risa Maharani, Nafida Royyana, Rania, dan Nia Faradiska. Ketika diwawancarai oleh pihak gomuslim disela-sela kesibukannya menuju ke Hong Kong, mereka mengaku senang tahapan-tahapan yang telah dilaluinya sampai akhirnya bisa terpilih menjadi empat orang saja.

Lebih lanjut mereka memaparkan bahwa mereka telah melalui tahapan yang panjang, mulai dari seleksi desain, kemudian memilih bahan tekstil, teknis-teknisnya, sample, pola, finishing, hingga ke estimasi harga. Kedepannya, salah satu dari mereka menungkapkan bahwa ada keinginan besar untuk membuat brand sendiri, terlebih dengan ilmu yang mereka miliki saat ini.

Meskipun demikian, mereka mengaku masih banyak kekurangan yang harus segera dibenahi agar dapat menjadi desainer handal Indonesia. Bahkan, bila perlu mereka akan menimba ilmu di kota-kota mode dunia, seperti Paris dan Italia. “Iya, pingin banget nantinya bisa belajar ke Italia atau Paris”, Ujar Nia dan Nafida.

Tahapan yang panjang dalam proses penyeleksian rupanya tidak hanya menyita tenaga dan pikiran mereka namun juga para stakeholder, khususnya pihak Indonesia Fashion Chamber (IFC) selaku pendamping dan Djarum Foundation selaku pihak yang mendukung penuh promosi brand Zelmira.

“Untuk mengkolaborasikan dua desainer saja sebetulnya sudah sangat sulit. Apalagi ini empat. Jadi kita pendampingannya memang cukup lama, mulai dari inspirasinya hingga sketsa pembuatan bajunya kita damping terus supaya mereka tidak menyeleweng dari tema aslinya”, Ucap Ali Charisma, ketika ditanyai perihal pemilihan keempat desainer tersebut.

Acara yang akan berlangsung dari tanggal 7-10 September ini, nantinya akan dihadiri oleh beberapa desainer Indonesia, seperti Ali Charisma dan Mardiana ika serta tentu saja para srikandi SMK NU Banat. CenterStage sendiri diselenggarakan oleh Hong Kong Trade Development Council (HKTDC) yang berpengalaman selama 50 tahun dalam mengorganisir eksibisi, konferensi, maupun program terkait fashion tingkat internasional. Ajang ini diikuti oleh 200 exhibitor dari 20 negara, 30 fashion show dari beragam brand internasional, dan mengundang buyer dari berbagai negara, di antaranya Malaysia, Thailand, Korea, China, Taiwan, Jepang, India, Australia, Saudi Arabia, Amerika, dan Eropa.

Pemilihan CenterStage sebagai wadah untuk mempromosikan brand Zelmira beradasarkan profesionalisme penyelenggara yang tidak menerima supplier untuk dapat berpartisipasi dalam pagelaran tersebut. Dengan begitu, produk-produk para desainer akan lebih terekspose dan menyadarkan para buyer agar membeli produk-produk hasil dari para desainer, bukan produk-produk murah yang tidak jelas seperti dari Tiongkok. (alp/dbs)

 

 


Back to Top