Bantu Jemaah Tersesat, Ormas Pemuda Mekkah Siap Beri Arahan ke Penginapan Haji

(gomuslim). Ketika keluar dari Masjidil Haram, tidak sedikit jemaah yang bingung mencari arah letak hotel tempat  mereka menginap. Bahkan ketika keluar dari pintu masjdi mereka lupa jalan yang telah ditempu sebelumnya, sehingga hal inilah yang kerap membuat mereka tersesat di Kota Mekkah.

Seringnya terjadi peristiwa seperti ini membuat relawan dari organisasi masyarakat (ormas) pemuda yang berada di Mekkah tergerak untuk membantu jemaah sebagai penunjuk jalan dan memberikan keterangan seputar Mekkah. Bahkan mereka siap membantu jemaah dalam hal pencarian transportasi umum yang dapat mengantarkan jemaah ke penginapannya.

Menurut Ketua Ormas Pemuda Mekkah Khalid Al Wafi, para relawan senang membantu jemaah haji yang tersesat dan mereka siap membantu menunjukkan jalan ke penginapan atau pemondokkannya. Keterlibatan mereka dalam menjalankan aksi sosial ini bekerjasama dengan Kementerian Haji dan Umrah. Maka aktivitas yang mereka jalankan merupakan aktivitas resmi sebagai pemandu jemaah haji yang tersesat, sehingga jemaah tidak perlu khawatir tertipu.

Adapun mengenai mekanisme bantuan yang diberikan oleh ormas ini, menurut Wafi para anggotanya akan menunjukkan bahkan mengantarkan jemaah ke penginapannya dari segala arah. Dapat dikatakan bahwa para relawan dari ormas ini benar-benar telah hafal bebarapa rute alternatif di Mekkah. Mereka akan memberikan arahan atau rute yang dapat memperpendek waktu perjalanan, bahkan jika diperlukan mereka pun siap membantu jemaah menyewa mobil yang dapat mengantarkannya ke penginapan.

kjgkgk

Terkait kegiatan yang mereka lakukan, sejatinya para relawan senang dengan aktifitas seperti ini dan mereka tidak merasakan letih meskipun dalam sehari harus mengantar atau menunjukkan jalan ke beberapa jemaah yang tersesat.  “Membatu jemaah haji atau umrah adalah pekerjaan mulia yang tidak dapat diukur dengan nilai materi duniawi, karena mereka (jemaah) cinta kepada Allah sedangkan membantu jemaah haji saat berlangsungnya musim ini merupakan keutamaan tersendiri dan terdapat taufik dari Allah,” ujar salah seorang anggota relawan ormas.

Mereka juga dapat melupakan rasa lelah yang dialami ketika jemaah yang dibantu dapat menemukan kembali penginapannya dan membalasnya dengan doa. Menurut mereka, doa dari jemaah haji adalah suatu karunia yang tiada tara dan tidak dapat diukur dengan materi, karena sejatinya jemaah haji merupakan hamba Allah yang sedang berjuang di jalan-Nya. (fh/MN)


Back to Top