Rayakan Milad, Himpunan Qari dan Qariah UIN Jakarta Akan Gelar Festival Semarak Alquran

(gomuslim). Tahun ini, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Himpunan Qari dan Qariah Mahasiswa (HIQMA) Universitas Islam Negeri (UIN)  Jakarta akan menggelar Festival  Semarak Alquran padatanggal  16 sampai 21 Oktober 2016 mendatang dalam rangka merayakan miladnya yang  ke-28.

Ketua HIQMA Kurnia Yuha Izvana mengatakan kegiatan yang bertema “Damai Bersama Alquran” ini bertujuan untuk mengajak sivitas akademik UIN Jakarta, baik mahasiswa, dosen maupun pegawai, di tengah-tengah kesibukan mereka  untuk dapat sejenak meluangkan waktu membaca Alquran selama satu jam. Selain itu HIQMA juga akan mengundang mahasiswa PTAIN/PTS, siswa atau santri se-taraf SMA/MA se-Ciputat, serta segenap jajaran keluarga besar HIQMA khususnya dan keluarga UIN Jakarta umumnya.

 Dalam acara tersebut, tambah Kurnia, akan digelar serangkaian kegiatan, yaitu Karnaval, Tabligh Akbar, Khataman Akbar, Seminar Nasional dan diakhiri dengan Malam Puncak Semarak Alquran.

“Acara akan dibuka Rektor UIN Jakarta pada 16 Oktober dan dalam rangkaian kegiatan kita akan hadirkan Prof Dr Quraish Shihab pada Seminar Nasional, Habib Hasan Asegaf dan Dr Akhmad Sodiq pada Tabligh Akbar, dua qori internasional KH Muamar ZA dan Ustadz Zaenal Abidin Lc di malam puncak,” jelas Kurnia, seperti dilansir dari publikasi resmi BERITA UIN Online.

Kurnia berharap dengan diadakannya acara ini dapat mempererat ukhuwah islamiyah antar mahasiswa, pejabat dan pegawai UIN Jakarta serta masyarakat sekitar melalui syiar Alquran sekaligus dapat memotivasi mereka agar selalu bersemangat membaca, menghafal dan memahami Alquran serta dapat berkarya di bidang seni Alquran dan seni-seni islami lainnya.

Adapun,  HIQMA Unit Kegiatam Mahasiswa (UKM) yang terdapat di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yang menjadikan Alquran dan seni Islami sebagai ruh kegiatan dan orientasi aktivitasnya. Selain itu juga nengedepankan menejemen organisasi yang harus dimiliki oleh setiap kader HIQMA.Pada  tanggal 11 Oktober 1988, HIQMA didirikan oleh Syarifuddin Muhammad dan kawan-kawan. Syarifuddin Muhammad kemudiandikenal sebagai qori internasional yang selama dalam beberapa tahun terahir mendapat kehormatan menjadi Imam Besar di salah satu Masjid Besar di Qatar, dan pernah menjabatImam besar di Masjid Istiqlal Jakarta. (fau/uinjkt/hiqma/dbs)

 


Back to Top