‘India Fraternity Forum’ Luncurkan Aplikasi Navigator Haji Untuk Bantu Jemaah Temukan Akomodasi

(gomuslim). India Fraternity Forum (IFF) atau Forum Persaudaraan India (IFF) telah meluncurkan sebuah aplikasi  bernama “Navigator Haji” yang akan memberikan layanan para peziarah tentang arah yang tepat untuk mencapai tujuan di Mina, Makkah dan Aziziyah. Aplikasi ini diluncurkan oleh Abdul Khader Khan Presiden Indian Pilgrim Welfare Forum (IPWF) di restoran lokal di Jeddah pekan lalu.  Khan memuji upaya IFF dan mengatakan aplikasi berbasis android itu akan bermanfaat tidak hanya untuk para peziarah, tetapi untuk semua petugas yang melayani para tamu Allah di Makkah dan tempat-tempat suci lainnya.

Navigator Haji didukung oleh Google Maps dan berdasarkan data dari jalan-jalan di Mina serta rincian akomodasi jamaah haji asal India, serta hotel, rumah sakit dan fasilitas medis di Makkah dan Aziziyah. Ketika jamaah atau petugas haji menuju lokasi tujuan, mereka akan segera menemukan rute dan jarak dengan perkiraan waktu untuk mencapainya. Jika peziarah tidak tahu lokasi, dia dapat memilih “lokasi saya” menggunakan GPS, kemudian memberikan tujuan yang akan menandai rute untuk mencapai tujuan bersama dengan jarak dan waktu yang dibutuhkan. Setelah diunduh dari Google Play Store dan dipasang (install) di ponsel, aplikasi tidak memerlukan koneksi internet untuk menemukan rute.

Presiden Regional IFF Shamsudheen mengucapkan selamat kepada upaya Mohammed Mukhtar dan Omar Hussein yang bekerja keras untuk mengembangkan aplikasi, memastikan keasliannya dan akurasinya. Dia juga menghargai kerja sama antara IFF dan IPWF yang dimulai lebih dari satu dekade lalu.

Adapun tahun ini, seperti dilansir dari publikasi Saudi Gazette, Forum Persaudaraan India akan membina sekitar 800 relawan dan fokus perhatian mereka mencakup bimbingan  jemaah terdampar untuk mencapai tujuan mereka dan membantu jamaah yang sakit untuk memanfaatkan perawatan medis. Selain itu, aplikasi ini juga akan berfungsi dengan sistem penomoran diikuti di Mina melalui presentasi multi-media.

Peluncuran aplikasi ini pun mendapat banyak dukungan dari berbagai pihak, di antaranya Aijaz Ahmed Khan (Presiden India Forum), Shameem Kausar (kepala pelindung, Khak E Taiba Trust), Ayoob Hakkim (sekretaris India Forum), Qamar Sada (IPWF), Ubaid Askary (sekretaris komunitas Bhatkal), Sakeer Edavanna (Sekretaris umum OICC Jeddah), Noorul Ameen (anggota Komite Managing Internasional Indian School, Jeddah) dan Ashraf Morayur (Presiden, India Forum Sosial.  (fau/saudigazette/dbs)


Back to Top