Musim Panas Berkepanjangan di Musim Haji, DKM Masjid Haramain Bagikan 50 Ribu Payung

(gomuslim). Dewan Kepengurusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi (DKM Masjid Haramain), memandang bahwa jemaah haji saat ini merasakan beban yang berat dengan panasnya suhu selama musim haji berlangsung. Karena itu DKM Masjid Haramain membagikan 50 ribu buah payung kepada jemaah baik yang berada di dalam Masjidil Haram maupun yang di luar.

Pembagian dilakuan pagi hari sebelum dilaksanakannya Shalat Jumat kemarin, (09/09/2016). Petugas yang membagikan payung disebar di sejumlah titik masuk masjid dan yang dapat menampung 900 ribu jemaah. Pembagian payung ini, melibatkan berbagai divisi Kepengurusan Masjid Haramain seperti, Departemen Kebersihan, Departemen Pelataran, Dewan Amar Makruf Nahi Mungkar, Departemen Pengawas Air Zamzam dan lainnya.

 Dengan dilakukannya pembagian payung ini, maka jemaah haji terbantu untuk dapat mengurangi panasnya udara yang dirasakan oleh mereka pada musim tahun ini. Jauh sebelum masuk musim haji, cuaca panas telah diprediksi akan belangsung lama di seluruh area Saudi.

kjgkjgkj

Meski pada awal musim haji telah terjadi hujan di sejumlah daerah Arab Saudi, namun cuaca panas kembali berlanjut melanda negara gurun ini. Berdasarkan informasi yang dilansir dari sa.arabiaweather.com, suhu udara di Mekkah pada Jumat (09/09/2016) mencapai 43 derajat celcius, hari ini 43 derajat celcius sedangkan pada hari Ahad sampai 13 Dzulhijjah suhu udara di Kota Mekkah naik menjadi 44 derajat celcius.

Panasnya udara yang melanda Arab Saudi, tentunya berisiko terhadap kesehatan jemaah. Pasalnya tidak hanya suhu udara panas yang dirasakan, angin kencang yang menerbangkan debu gurun kerap terjadi, hal ini disinyalir dapat mengancam kesehatan jemaah haji. Maka untuk menjaga agar jemaah tetap sehat selama menjalankan ibadah haji, petugas kesehatan haji mengimbau agar jemaah banyak minum air putih dan menggunakan masker. Sebab debu yang diterbangkan oleh angin gurun, dapat berpotensi menimbulkan infeksi saluran pernafasan.

Hari ini jemaah mulai mempersiapkan diri untuk melakukan wukuf di Arafah, maka payung yang dibagikan dapat berguna sebagai pelindung dari teriknya sinar matahari yang dirasakan jemaah haji saat ini. Pada saat wukuf di Arafah, payung merupakan instrument penting yang dapat meringankan panasnya udara yang menyengat. (fh/gph)


Back to Top