Pertama di Jepang, Moslema in Style Akan Gelar 'Halal Expo' Terbesar

(gomuslim). Untuk pertama kalinya, Jepang menggelar ajang untuk para muslim di dunia, khususnya untuk muslim di Jepang, yang bertajuk “Halal Expo Japan 2016”. Acara ini rencananya akan digelar di Tokyo Metropolitan Industrial Trade Center Taitokan (TMITCT), distrik Taito sebelah barat sungai Sumida, Asasuka, Tokyo, pada tanggal 22 dan 23 November 2016. Acara ini terselenggara berkat kerjasama antara Halal Media Jepang dan Moslema In Style, yakni sebuah perusahaan marketing muslim ternama yang biasa menggelar pameran-pameran muslim di seluruh belahan bumi.

Nantinya, acara halal expo japan tersebut akan dihiasi dengan berbagai acara lainnya, seperti talkshow tentang bisnis muslim, muslim fashion, halal trip, halal food, hingga simposiun bagi para mahasiswa muslim yang tinggal di Jepang. Lebih dari itu, acara halal expo tersebut akan membuat seluruh penjuru kota Asasuka menjadi kota yang berkonsep Halal.

Dalam laman resminya, pihak penyelenggara menyatakan bahwa halal expo Japan 2016 merupakan kolaborasi yang coba dibangun untuk membawa busana muslim ke Tokyo, yang notabene dicap sebagai sebuah kota dengan dunia fashionnya yang terkemuka, untuk berbagi gaya baru dengan wanita Muslim dan non-Muslim di seluruh dunia. Selain itu, event akbar untuk kaum muslim tersebut juga bertujuan untuk membantu memberikan kontribusi internasionalisasi Jepang dan untuk memberikan lebih banyak kesempatan bagi umat Islam agar dapat mengunjungi negara tersebut.

Meskipun halal expo japan 2016 adalah event bertajuk muslim untuk pertama kalinya, namun bukan berarti acara tersebut minim dukungan. Tercatat, acara tersebut didukung lebih dari 38 perusahaan ternama, seperti Japan External Trade Organization (JETRO), Taito City, Tochigi Prefecture, Chiba City, Sano City, Beppu City, Obihiro City, Hioki City, Tokyo Chamber of Commerce and Industry, Singapore Malay Chamber of Commerce and Industry, SANKEI SHIMBUN Co., Ltd., dan lain sebagainya.

Industri halal saat ini memang tengah melonjak tajam di Jepang. Hampir seluruh penjuru Jepang terdapat informasi-informasi yang terakit dengan fashion muslim, halal food, halal trip, ekonomi, dan lain sebagainya, yang hampir terjadi di setiap harinya.

Hal ini terjadi seiring dengan melonjak angka penduduk muslim di Jepang dan pandangan warga Jepang terhadap Islam. Setiap harinya, diperkirakan tak kurang dari 10 warga Jepang menyatakan diri sebagai Muslim yang biasanya diikrarkan di masjid-masjid yang ada di Jepang, dengan disaksikan berbagai warga yang antusias menyambut kedatangan saudara barunya.

Di samping itu, Jepang termasuk salah satu negara yang potensial untuk dijadikan dakwah Islam. Setiap harinya, tak kurang dari dua polisi berpakaian preman berjaga-jaga di sekitar masjid guna memberikan rasa nyaman kepada para muslim. (alp/dbs)


Back to Top