Pastikan Kondisi Keamanan dan Kenyamanan Jemaah Haji, Raja Saudi Tinjau Lokasi Mina

 (gomuslim). Dalam rangka peninjauan persiapan pengamanan dan tempat peristirahatan jemaah haji, Raja Saudi Salman bin Abdul Aziz meninjau langsung lokasi Mina tempat berdirinya tenda haji dan tempat berlangsungnya pelemparan jumrah. Kunjungan Raja Salman ke Mina adalah untuk memastikan bahwa jemaah haji pada tahun ini mendapatkan pelayanan yang baik, selain itu tempat peristirahatan jemaah pun dinyatakan cukup serta untuk memastikan bahwa petugas telah menjalankan tugas pengamanan dengan baik.

Kunjungan Raja Salman ke Mina yang dilakukkan baru-baru ini, disambut baik oleh Ketua Komite Haji Pusat Muhammad bin Nayif. Sejumlah pejabat penting Saudi lainnya juga menyambut kedatangan orang nomor satu di Arab Saudi ini. Pada dasarnya peristiwa memilukan di Mina pada tahun lalu, diharapkan tidak terulang kembali di musim haji saat ini. Maka dari itu, layanan keamanan haji yang ditelah diformulasikan diharapakan berjalan sesuai rencana yang telah ditetapkan.

gkjgkjg

Selain dari pada itu, perjalanan jemaah menuju jamarat membutuhkan energi yang banyak, itulah jemaah harus cukup beristirahat, makan dan minum. Terkait dengan tempat peristirahatan jemaah, Raja Salman meninjau lokasi perkemahan haji dan bertanya langsung kepada para ketua penyelenggara. Petugas yang mempersiapkan tenda dan waktu pelemparan jumrah telah menyatakan bahwa, tenda jemaah telah disiapkan jauh hari sebelum puncak ritual haji dimulai. Selanjutnya jadwal lempar jumrah juga telah ditetapkan untuk masing-masing kelompok jemaah dari berbagai negara.

Pengaturan jadwal lempar jumrah dilakukan sebagai upaya pencegahan terjadinya kecelakaan. Masing-masing penyelenggara haji telah diimbau untuk membimbing jemaah dalam pelemparan jumrah pada waktu-waktu tertentu. Otoritas Saudi melarang jemaah melempar jumrah di luar waktu yang telah ditentukan tersebut. Selengkapnya dapat dibaca: Jadwal Pelemparan Jumrah 

Raja Salman kerap mengingatkan jajarannya untuk memprioritaskan keamanan dan kenyamanan jemaah selama menunaikan ibadah haji. Insiden apa pun yang dapat merugikan jemaah diharapkan tidak terjadi selama musim haji berlangsung. Itulah sebabnya, petugas keamanan haji yang terdiri dari petugas gabungan militer dan polisi dikerahkan dengan peratalan lengkap.

Sebelum petugas keamanan gabungan dilibatkan untuk proses pengamanan jemaah, satuan militer mengadakan upacara yang dilanjutkan dengan pertunjukkan ketangkasan petugas dan disaksikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Saudi Muhammad bin Nayif yang mana beliau juga menjabat sebagai Ketua Komite Haji Pusat.

Hingga saat ini, jemaah haji termasuk yang berasal dari Indonesia tengah mempersiapkan perjalanan melewati terowongan Mina untuk melempar jumrah. Bagian dari ibadah haji ini, disinyalir sebagai ritual haji terberat. Pasalnya untuk sampai ke tempat jamarat, jemaah harus berjalan kaki dari tenda yang jaraknya cukup jauh. Maka agar aktivitas berjalan lancar, Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin mengimbau kepada seluruh jemaah untuk beristirahat cukup dan mengkonsumsi makanan dan minuman yang layak dan sehat. (fh/Almadinah/Akhbar24)


Back to Top