Haji 1437 H/ 2016 M

Disambut Hormat, Pemuda Ini Berangkat Haji dengan 'Gowes Sepeda' dari Rusia

(gomuslim). Di antara keunikan haji tahun 2016 ini adalah keberangkatan seorang pemuda dari Rusia dengan ‘gowes’ ke Madinah lalu ke Mekkah. Dilaporkan sceneonhaiofficial, pemuda ganteng berusia 24 tahun ini menempuh jarah sejauh 6.600 KM dari desanya menuju Madinah.

“Ribuan kilometer  dia tempuh dengan sepeda dari Rusia hingga sampai negeri Hejaz,”tulis laporan tersebut dengan judul ‘Russian Cycle Hajj’ itu, Senin (12/09/2016)

Hejaz yang dimaksud dalam tulisan ini adalah sebutan untuk wilayah yang membentang antara Mekkah-Jeddah dan Madinah.

Perjuangan pemuda untuk dapat melaksanakan ibadah haji dengan cara unik ini mendapat apresiasi banyak kalangan. Di setiap Negara yang dilalui, ia menunjukkan surat resmi keberangkatannya sebagai calon Jemaah haji. Artinya, surat-surat lengkap dan dia terdaftar sebagai Jemaah haji .

Oleh karena bukan haji illegal, maka kedatangannya di Madinah disambut pasukan penjaga perbatasan dengan penuh hormat. Demikian juga saat masuk kota Mekkah dan menjalankan prosesi haji lainnya.

Kepada petugas yang menyambutnya, pemuda ini mengaku terharu karena dalam waktu bersamaan terdapat ribuan umat Islam lain dari berbagai Negara juga berduyun-duyun masuk kota Madinah, lalu berkumpul di satu kota Mekkah.

Selama sekitar 10 hari di Madinah untuk melaksanakan ibadah ‘arbain’, pemuda Rusia ini pun kemudian harus menempuh perjalanan sejauh 480 KM menuju Mekkah dengan ‘gowesan’ di bawah terik matahari menyengat.

Sesampainya di Mekkah, ia pun melaksanakan umrah kemudian bersama jemaah dari seluruh penjuru dunia lainnya, ia bergabung menuju Mina pada hari Tarwiyah atau 8 Dzulhijjah, lalu wukuf di Arafah pada tanggal 9 Dzuhijjah.

Pada Senin hari ini atau 10 Dzuhijjah, ia tampak bersama Jemaah lain di Mina dan masih dengan sepedanya. Ia tidak mengalami banyak hambatan selama menjalankan haji unik ini karena surat dan kelengkapan lain lengkap dan tidak menimbulkan gangguan bagi jemaah yang lain.

 

 

Sebelum ini, juga pernah ada haji ‘backpacker’ yang berjalan kaki dari Irak, juga seorang muslim dari Perancis berangkat haji tidak melalui jalur udara seperti lainnya, tetapi memilih jalur darat dengan mobil untuk bisa sampai di Hejaz.

Untuk tahun 2016 ini belum ada laporan resmi tentang jumlah jemaah haji dari Rusia, sementara data tahun 2015 sebanyak 2.000 orang, tulis kantor berita TASS. (mmsc)


Back to Top