Duo Kakak-Adik Muslimah Ini Kembali Masuk Daftar 500 Muslim Berpengaruh di Dunia

(gomuslim). Dua Penulis Muslimah kakak-adik, Helvy Tiana Rosa dan Asma Nadia kembali terpilih menjadi satu dari 500 tokoh muslim terkemuka dunia 2016 untuk bidang seni dan budaya. Pendiri komunitas menulis Forum Lingkar Pena (FLP) yang menaungi penulis muda Islam dari seluruh Indonesia ini sudah menelurkan lebih dari 40 buku, yang terdiri dari novel, kumpulan karya, cerita pendek, karya nonfiksi parenting, motivasi, keluarga sakinah, dan kepribadian. Sejumlah novel karyanya mendapat penghargaan internasional dan sudah diangkat ke layar perak dan diputar di luar negeri, di antaranya Emak Ingin Naik Haji, Assalamualaikum, Beijing!, Rumah Tanpa Jendela, Ketika Mas gagah Pergi, dan Jilbab Traveler. Sebelumnya pada tahun 2014 sampai 2015 mereka juga terpilih di kategori yang sama.

Asma Nadia dan kakaknya Helvy Tiana Rosa terpilih menjadi satu dari 500 tokoh muslim dunia karena kontribusinya di dunia penulisan Islam. Tema yang diangkat duo muslimah ini dipandang mewakili wajah Islam yang mencerahkan, berbudaya, moderat, toleran, dan memberdayakan perempuan. Daftar ini dikeluarkan oleh The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC).

Dari Indonesia sedikitnya ada 20 nama yang juga masuk dalam daftar ini dalam kategori yang berbeda seperti M. Quraish Shihab dan Habib Lutfi bin Yahya dalam kategori “Preachers and Spiritual Guides” (Dai dan Guru Spiritual), KH. Mustofa Bisri (Gus Mus) dan Syafii Maarif dalam kategori “Scholar” (Sarjana), Prabowo Subianto dan Megawati Sukarnoputri untuk bidang Politik, Prof. Dr. Tuti Alawiyah dan Aa Gym untuk Tokoh Agama, Husein Muhammad yang merupakan komisioner Komisi Nasional Kekerasan Terhadap Perempuan untuk bidang Sosial, Sri Mulyani Indrawati dalam bidang Ekonomi dan Bisnis, Asma Nadia dan Helvy Tiana Rosa dalam bidang Seni dan Budaya serta Mariah Ulfah di bidang Pembacaan Alquran.

Selain itu, RISCC juga membuat daftar 50 tokoh muslim berpengaruh secara khusus. Dalam daftar ini ada Joko Widodo ke-11, KH. Said Aqil Siradj di urutan ke-18, Din Syamsuddin di urutan ke- 44, dan Habib Lutfi Yahya di urutan ke-48. 500 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh atau biasa disebut Muslim 500 adalah daftar tahunan yang dikeluarkan oleh Pusat Kajian Strategis Islam Kerajaan, yang berpusat di Amman, Yordania. Daftar yang pertama kali dikeluarkan pada tahun 2009 ini bekerjasama dengan Prince Al-Waleed Bin Talal Center for Muslim-Christian Understanding di Georgetown University, Amerika Serikat. Sejumlah ahli dilibatkan untuk menyaring nama-nama yang dinominasikan, dii antaranya John Esposito, pakar Islam dan penulis buku dari Amerika Serikat.   

Tokoh-tokoh yang terpilih untuk masuk ke dalam daftar Muslim 500 ini berasal dari berbagai profesi. 50 tokoh utama merupakan negarawan dan tokoh agama dunia. Sementara 450 lainnya merupakan tokoh lintas profesi. Salah satu poin yang dinilai adalah jumlah orang yang berhasil dipengaruhi, jumlah buku yang ditulis, angka penjualan buku serta seberapa besar dan lama pengaruh yang ditimbulkan oleh kandidat.

Selama tujuh tahun penyelenggaraannya, sejumlah tokoh yang pernah masuk ke dalam daftar Muslim 500, di antaranya Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, dan penyanyi Malaysia Siti Nurhaliza. Daftar Muslim 500 biasanya dirilis pada pertengahan tahun.  Daftar lengkap 500 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia tahun 2016 bisa dilihat di laman: www.themuslim500.com. (fau/themuslim/dbs)


Back to Top