Jelang Kepulangan, Terminal Keberangkatan di Bandara Jeddah Dinyatakan Siap Layani Jemaah Haji Seluruh Negara

(gomuslim). Otoritas Bandara Internasional King Abdul Aziz (KAA) Jeddah telah menyiapkan hal-hal yang diperlukan untuk keberangkatan jemaah haji ke negara mereka masing-masing setelah menunaikan rukun Islam yang kelima di Tanah Suci. Otortas terkait telah menyiapkan 14 terminal keberangkatan mulai Kamis, (15/09/2016) sampai 15 Muharam atau bulan mendatang.

Departemen yang berwenang di Bandara KAA Jeddah menyatakan bahwa rencana kerja terkait pelayanan di bandara untuk kepulangan jemaah haji telah ditetapkan. Beberapa departemen dilibatkan untuk upaya penyiapan terminal keberangkatan atau kepulangan jemaah haji.

Terminal yang dipersiapkan khusus mulai Kamis pekan ini adalah terminal keberangkatan saja,  Karena untuk melayani kepulangan jemaah haji. Menurut otoritas bandara, sistem pelayanan  pada terminal keberangkatan nantinya akan ditingkatkan. Prosedur kepulangan jemaah haji nantinya dimulai sejak kedatangan jemaah ke area alun-alun terminal haji dan umrah, kemudian mereka mereka menuju ke terminal keberangkatan terakhir. Setelah itu dilakukan pemberian kenang-kenangkan kepada setiap jemaah haji, lantas jemaah haji menuju tahap akhir yakni pemeriksaan dari keamanan dan imigrasi kemudian dapat menuju ke gerbang keberangkatan.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Makkah News, terminal haji dan umrah yang berada di Bandara KAA Jeddah memiliki luas sekitar 510 ribu meter persegi atau 51 hektare. Terminal haji di sebelah timur bandara memiliki luas sekitar 90 hektare, sedangkan lapangan penerbangan dapat menampung sekitar 26 unit pesawat. Selain itu, tesedia juga 10 jembatan elektronik, 2 terminal khusus lansia dan 142 counter imigrasi, 120 counter pembagian hadiah dari Raja Salman untuk jemaah haji, 40 mushalla dan 123 rumah makan serta fasilitas lainnya telah dipersiapkan khusus untuk kepulangan jemaah haji dari Tanah Suci.

Berdasarkan data Kementerian Agama RI, terkait dengan rencana perjalanan haji 2016, kepulangan jemaah haji Indonesia dimulai pada 17 September 2016  sampai 30 September 2016. Dengan demikian kepulangan jemaah haji Indonesia terjadi pada pekan ini, oleh karena itu persiapan dari petugas di bandara harus dilakukan jauh sebelum waktu kepulangan dimulai.

Pada tahun ini, pemeriksaan atau proses imigrasi terhadap jemaah haji di bandara KAA Jeddah dinyatakan lebih baik dari tahun lalu. Jika pada tahun sebelumnya pemeriksaan di bandara Jeddah selalu diidentikkan dengan proses pemeriksaannya yang lama, namun pada pemeriksaan jemaah haji tahun ini, prosesnya hanya berlangsung 30-45 menit untuk setiap jemaah.

Demikian pula halnya dengan pelayanan di terminal keberangkatan Bandara KAA Jeddah, diharapkan proses pemeriksaan berlangsung lancar dan cepat serta fasilitas yang ada dapat dipergunakan dengan baik. Sehingga jemaah tidak mengalami kebosanan menunggu di bandara internasional ini. (fh/MN)


Back to Top