Tidak Ketinggalan Tren Dunia, Inilah Kosmetik Halal Pertama di India

(gomuslim). Produksi kosmetik halal menjadi bagian dari semakin berkembangnya gaya hidup halal di dunia. Sektor ini menjadi perhatian khusus para pengusaha yang melirik pasar konsumen muslim dengan menyediakan muslim needs, selain sektor makanan, fashion, dan pariwisata halal. Hal tersebut juga dilakukan oleh negara dengan muslim minoritas, seperti India. Sejak tahun 2015 lalu, negeri Taj Mahal ini mulai menggaet konsumen muslim lewat produksi kosmetik halal dengan serius.

Merek kosmetik halal ini adalah yang  pertama di India. Dengan nama Iba Cosmetic Care, kosmetik ini diproduksi oleh tim Ahmedabad Gujarat yang berbasis di Ecotrail Personal Care yang konsen tentang gaya hidup sehat dan produk murni bebas bahan berbahaya dan bahan kimia. Iba kosmetik bernaung di bawah perusahaan Ecotrail Personal Care  yang dipimpin oleh dua wanita bersaudara, Mauli dan Grishma Teli. Perusahaan tersebut merupakan satu-satunya perusahaan di India yang menyajikan kosmetik halal.

Untuk merek kosmetik tersebut, Perusahaan Ecotrail  memilihkan nama Iba yang dalam bahasa Arab berarti akal dan kebanggaan. Sebab ‘halal’ adalah sebuah alasan yang masuk akal, yang juga sesuai dengan alasan ilmiah, selain dari tuntunan syariat. Iba sendiri berlogokan bunga yang terbentuk dari tetesan air. Bunga dalam logo bermaknakan keindahan yang mekar melalui pembersihan. Sedang air bermaknakan sebuah prinsip perawatan kecantikan dengan halal sebagai landasannya.

Mauli Teli CEO Ecotrail Personal Care mengatakan Ecotrail adalah perusahaan start-up yang tertarik untuk memiliki agensi kreatif yang dimotori oleh komitmen dan antusiasme dalam meluncurkan konsep baru di bidang produk perawatan kecantikan yang sangat kompetitif.

Seperti dilansir dari publikasi Halalfocus, terciptanya kosmetik halal pertama di India ini berawal dari ide dua saudara perempuan, Mauli Teli dan Grishma Teli. Mereka berdua  bekerja di Amerika Serikat  sebagai profesional di bidang konsultasi manajemen dan biotek penelitian dan pengembangan masing-masing, berhenti dari pekerjaan mereka dan pindah kembali ke kampung halaman mereka dengan mimpi untuk memulai sebuah perusahaan kosmetik dan perawatan pribadi yang difokuskan pada pengembangan, manufaktur dan pemasaran produk-produk eco-etis yang akan memenuhi kebutuhan konsumen yang belum terpenuhi.

Peluncuran Iba kosmetik halal adalah hasil dari hampir dua  tahun mengembangkan ide, penelitian, pemahaman pasar dan pengembangan produk oleh tim Ecotrail. Mereka mengamati bahwa kata 'Halal' mungkin memiliki pemahaman yang terbatas dalam benak konsumen India saat ini, dunia cepat menjadi sadar akan arti yang benar dan daya tariknya sebagai simbol kesucian, integritas dan keaslian. Menurut mereka, Halal adalah cara hidup dan bukan hanya tentang makanan. Tapi juga meluas dengan cara seseorang hidup, melakukan bisnis, berperilaku dan bahkan untuk produk perawatan pribadi.

Tim menemukan bahwa tidak diketahui banyak bahan non-halal seperti lemak babi, lainnya berasal hewan bahan seperti lanolin, keratin, gelatin, serta alkohol, dan bahan kimia seperti sulfat dan parabens yang masuk ke banyak populer kosmetik merek yang tersedia di pasar. Sering tidak adanya alternatif membatasi penggunaan atau konsumen menggunakan produk tersebut secara selektif. Karena itu peluncuran Iba kosmetik ini merangkul filosofi eco-etika; produk Iba tidak hanya berasal alam, tetapi juga murni dan higienis. Produk-produknya diformulasikan untuk memenuhi kebutuhan etis semua konsumen, termasuk Muslim, vegetarian dan siapa saja yang menyukai bahan-bahan alami untuk perawatan tubuh.

Saat ini, Iba Cosmetic telah meluncurkan banyak produk kecantikan yang bersertifikat halal sejumlah lebih dari 60 produk, di antaranya krim dan lotion, facial foam, shampoo, conditioner, minyak rambut, lipstik, parfum, dan lainnya yang masing-masing diproduksi dengan hati-hati untuk menjamin kemurnian, keamanan, dan keefektifannya. Selain itu, produk-produk kecantikan halal di India ini bisa dibeli secara online beserta tampilan katalog online di laman: www.ibahalalcare.com. (fau/halalfocus/dbs)

 

 

 


Back to Top