Tawaf Wada’ Dimulai, Kepulangan Jemaah Haji Sebentar Lagi

(gomuslim). Dalam pekan ini, dijadwalkan jemaah haji Indonesia untuk gelombang pertama kembali ke tanah air. Saat ini mayoritas jemaah haji tengah melakukan tawaf wada’ maka pelaksanaan ibadah haji dapat dinyatakan selesai pada tahun ini.

Penyelenggaraan haji tahun ini, diklaim oleh otoritas Saudi sebagai penyelenggaraan haji terbaik dengan penetapan manajemen kerja yang proporsional. Ritual haji terberat, seperti melempar jumrah di Mina dinyatakan berlangsung lancar tanpa ada persoalan besar terjadi. Dengan demikian pada pekan ini jemaah sudah dapat kembali ke negara mereka masing-masing.

Jelang kepulangan jemaah haji tahap pertama, bandara yang dijadikan tempat keberangkatan dari Saudi ke sejumlah negara jemaah adalah Bandara Internasional King Abdul Aziz (KAA) Jeddah dan Bandara AMAA Madinah. Mengenai kesiapan bandara dalam menampung jemaah haji, dilakukan pagi tadi oleh petugas bandara. Seluruh area bandara khususnya terminal haji dan umrah telah dipersiapkan dengan baik sebagai bentuk pelayanan terhadap jemaah di bandara.

Berdasarkan keterangan dari otoritas bandara, diprediksi pada tahap pertama pemulangan jemaah terdapat sekitar 700 ribuan orang yang akan diberangkatkan dari Bandara KAA Jeddah. Dari jumlah tersebut, jemaah haji Indonesia kloter pertama dinyatakan akan meninggalkan Saudi menuju tanah air pada Sabtu, (17/09/2016). Maka diprediksi pada Ahad, (18/09/2016), jemaah haji kloter pertama akan tiba di Indonesia.

Menurut Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara Jeddah-Madinah, Nurul Badruttaman, Rabu (14/09/2016) petugas haji tim Daker Bandara Jeddah-Madinah sudah siap melayani proses kepulangan jamaah haji dari Tanah Suci ke Indonesia, baik gelombang I dari Bandara KAA Jeddah maupun gelombang II dari Bandara AMAA Madinah.

Terkait moda transportasi udara, Tim Daker Bandara Jeddah-Madinah sudah melakukan kerjasama dengan pihak penerbangan Garuda Indonesia, Saudia Airlines dan berbagai pihak terkait. Selanjutnya apabila nanti terjadi delay keberangkatan, maka Tim Daker Bandara Jeddah-Madinah sudah menyiapkan mekanisme untuk mengatasinya.

Adapun  jadwal kepulangan kloter pertama yang akan diberangkatan dari Tanah Suci ke Indonesia adalah:


BDJ 1 take off 09.00 WAS dengan SV 5900;
JKG 1 take off 10.10 WAS dengan GA 7561;
PDG 1 take off 12.40 WAS dengan GA 3401;
MES/KNO 1 take off 14.30 WAS dengan GA 3201;
JKS 1 take off 17.10 WAS dengan SV 5600;
UPG 1 take off 17.10 WAS dengan GA 1301;
SUB 1 take off 18.30 WAS dengan SV 5640;

BTH 1 take off 19.00 WAS dengan SV 5612;
JKG 2 take off 19.40 WAS dengan GA 7461.

Sementara itu Ketua Komite Haji Saudi sekaligus menjabat sebagai Gubernur Mekkah Pangeran Khalid Faishal, menyatakan bahwa pelaksanaan haji tahun ini berjalan lancar tanpa ada peristiwa kecelakaan yang terjadi, baik di area jamarat dan area suci lainnya. Ia juga mengimbau agar umat Muslim menjadikan ibadah haji sebagai ajang pemersatu umat dan membawa Islam sebagai agama yang damai.“Islam itu agama yang satu tidak boleh terpecah belah,” ujar Pangeran Khalid.

Pelaksanaan haji yang berlangsung lancar dan aman, merupakan harapan setiap jemaah khususnya dan seluruh umat Muslim pada umumnya. Maka dari berangkat sampai kembali ke tanah Air, diharapan jemaah dapat tiba ke kampung halaman dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur. (fh/skynewsarabia)


Back to Top