Haji 1437 H/ 2016 M

Ritual Haji di Mina Selesai, Pasukan Penjaga Keamanan Baru Bisa Rebahan

(gomuslim). Rangkaian ibadah haji secara keseluruhan dinilai sukses tanpa ada kendala yang berarti. Seluruh Jemaah haji dari 164 negara-negara  dunia dapat melaksanakan rukun Islam kelima tersebut dengan tertib dan aman terkendali.

Setelah ritual haji di Mina dinyatakan berakhir, sejak Kamis hingga Jumat hari ini (16/09/2016) suasana  Mina sungguh seperti kota mati yang ditinggal penghuninya. Padahal, mulai sehari sebelum Idul Adha hingga tiga hari setelahnya, Mina merupakan daerah tersibuk se-dunia. Hampir dua juta Jemaah haji setiap saat bergerak dari tenda-tenda menuju titik tempat lempar jumrah.

 

 

Ribuan petugas juga disebar untuk menjaga ketertiban mobilitas Jemaah. Namun begitu Jemaah haji selesai melakukan ‘nafar akhir’ pada Kamis kemarin, seluruh Jemaah menuju Masjidil Haram untuk melaksanakan tawaf ifadhah dan sa’i, sehingga daerah Mina kosong dari Jemaah. Saat itulah tampak sejumlah tentara penjaga keamanan dan ketertiban yang kelelahan tampak beristirahat seadanya di beberapa tempat.

Dalam sejumlah publikasi langsung dari tempat kejadian, terlihat di beberapa sudut tentara tersebut langsung tidur-tiduran di jalan-jalan, di bawah gedung, di bawah ‘fly over’ dan masih dalam pakaian tugas luar. Dapat dimaklumi, selama sepekan bekerja dalam shift ketat di tengah kerumunan Jemaah.

 

 

Sementara itu, para komandan keamaan pada hari yang sama diterima Pangeran Mahkota Mohammed bin Naif atas sukses penjagaan keamanan dan ketertiban selama musim haji tahun 2016.

Pengeran memberi apresiasi atas kerja dan usaha keras yang ditunjukkan tim besar tentara dan laiinya. Selain itu Pangeran Mahkota juga  kembali menekankan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban jemaah.

Pada saat yang sama, Pangeran menyampaikan kebangaannya atas kerja sukses pasukan di lapangan dalam menjaga Jemaah haji.  Atas kerja keras dan koordinasi antar instansi, Pangeran berterima kasih atas prestasi yang membuat seluruh negeri ini bangga.

 

 

Sementara di Mina sudah kosong, sebagian pasukan penjaga keamanan saat ini masih sibuk menjaga kesibukan Jemaah yang sedang melakukan tawaf ifadhah dan tawaf wada’. Masjdiil Haram memang sedang menjadi pusat Jemaah haji. Tampak ribuan Jemaah sedang tawaf menggunakan payung karena matahari yang terik di Mekkah saat ini. (mm/gulf)


Back to Top