Film BILAL: A New Breed of Hero

Resmi Rilis September 2016, Film Animasi Ini Kisahkan Muadzin Pertama di Zaman Rasul

(gomuslim). Sebuah Production House asal Timur Tengah resmi merilis film animasi religi pertama pada September 2016. Film animasi tersebut mengisahkan tentang Sahabat Rasul Bilal bin Rabah yang merupakan Muadzin pertama di Zaman Rasulullah Muhammad SAW. Dengan judul BILAL: A New Breed of Hero, film ini diproduksi oleh Barajoun Entertainment Animation yang telah memulai pembuatannya selama lebih dari 10 tahun terkahir.

Dengan tampilan 3 Dimensi (3D), film ini pertama kali dikenalkan pada awal tahun 2015 lalu via media video sharing Youtube. Karya sutrada Ayman Jamal dan Khurram Alavi ini sempat ditayangkan di Festival Film Cannes dan memenangkan penghargaan untuk film paling menginspirasi. Film Bilal disebut-sebut menayangkan adegan pertarungaan terlama sepanjang sejarah film animasi.

Seperti dilansir dari publikasi Movimagz, film ini erseting pada seribu tahun yang lalu, Bilal yang sejak kecil diculik bersama adik perempuannya, Ghufaira. Sosok Bilal yang pemberani dan bermimpi menjadi pejuang besar sempat sirna. Namun ia berjuang untuk merenggut kembali kebebasannya. Film ini terinspirasi dari kisah nyata, Bilal bin Rabah adalah salah satu orang yang akhirnya memeluk Islam setelah mengenal Rasulullah. Ia juga menjadi sahabat kepercayaan Nabi Muhammad. Dikisahnya bahwa suara Bilal adalah berkah baginya. Suaranya yang lantang dan merdu menjadikannya muadzin pertama dalam Islam.

Beberapa nama actor dan aktris terkenal pun ikut menykseskan film animasi tersebut. Mereka adalah Adewale Akinnuoye-Agbaje, Ian McShane, dan Thomas Ian Nicholas bergabung sebagai pengisi suara. Film berduarasi 150 menit ini sengaja dibuat dalam bahasa Inggris untuk menargetkan penonton di Amerika Serikat.

Bilal resmi tayang pada (08/09/2016) di beberapa negara Timur Tengah, di antaranya Uni Emirat Arab, Qatar, Bahrain, Oman, Lebanon, Jordan, dan Iraq. Sedangkan pada 29 September resmi tayang di Kuwait dan 12 Oktober 2016 akan tayang di Mesir. Tapi, film ini belum punya tanggal pasti penayangan secara internasional.

Sebelumnya, pada Mei 2016, film BILAL: A New Breed of Hero ini mendapatkan penghargaan sebagai Best Inspiring Movie pada hari Animasi di Cannes selama Festival Film Cannes. Pada ajang tersebut, Film tersebut menjadi film animasi pertama karya Emirates atau tim Saudi memenangkan penghargaan di Cannes, dan produksi pertama dari Barajoun Entertainment Inc. dari Dubai yang mendapat penghargaan.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Mr Bruno Chatelin Organizer yang bertanggung jawab atas Animasi Day di Cannes Film Festival dan mantan direktur Sony dan Fox studio di Eropa. Mr. Chatelin menyatakan kegembiraannya atas kehadiran film sejarah di Festival Film tersebut. Seperti dilansir dari publikasi Bilalmovie, sang Sutradara Ayman Tariq Jamal juga berpartisipasi dalam debat panel dengan menegaskan bahwa film bisa menantang semua stereotip terhadap Islam dan dia merasa bangga bahwa film ini bisa mengangkat tema yang tak biasa di kancah internasional. “Hal ini juga membuktikan kalau film animasi karya Arab Saudi mmepunyai masa depan yang cerah, “ ungkap Ayman optimis. Informasi lebih lanjut terkait film Bilal bisa diakses di website resmi: www.bilalmovie.com.  (fau/movimagz/bilalmovie)

 

 

 

 

 

 


Back to Top