Brunei Darussalam Gelar Konferensi Islam di Dunia Melayu

(gomuslim). Bulan September 2016 ini, Universitas Sultan Sharif Al Islam (UNISSA), Brunei Darussalam  menjadi tuan rumah Konferensi Internasional atau ICON 2016 tentang Islam di Dunia Melayu pada tanggal 20 sampai 22 September 2016. Konferensi ini merupakan kerjasama antara universitas dari empat negara, yakni  UNISSA (Brunei), Universitas  Malaya (Malaysia),  Universitas Prince of Songkla (Thailand) dan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (Indonesia).

The Brunei Times menyebutkan Konferensi Internasional yang bertema “ Islam Pemangkin Kemakmuran di Dunia Melayu”ini  yang akan menyoroti peran Islam sebagai katalis untuk kemakmuran atau kesejahteraan secara universal. Dekan Fakultas Bahasa Arab dan Islam Peradaban UNISSA  Dr Lilly Suzana Hj Shamsu menambahkan konferensi ini akan menampilkan 67 pembicara dari enam negara – Brunei, Malaysia, Thailand, Indonesia, India dan Maladewa.

Selain itu, Konferensi ini juga akan menyoroti perlunya seseorang hidup sesuai dengan ajaran Islam berdasarkan Ahli Sunnah Wal Jamaah. Tujuannya adalah menciptakan harmoni dan toleransi antara Muslim dan masyarakat non-Muslim untuk memperkuat persatuan dan kemakmuran. Secara lebih rinci ia mengatakan konferensi akan membahas masalah kesejahteraan dalam  beberapa aspek.

Dia mengatakan akan menyentuh pada kesejahteraan di dunia Melayu berdasarkan aspek Al-Quran dan Al-Sunnah; aqidah dan dakwah; Syariat dan hukum Islam; tasawwuf dan akhlak (moral); sejarah Islam; Pendidikan Agama Islam; bahasa dan budaya; ekonomi Islam; politik Islam dan administrasi; manajemen dan pengembangan; hubungan internasional dan komunikasi serta konservasi dan pelestarian lingkungan.

Ketua Panitia Konferensi Dr. Siti Sara mengatakan konferensi ini akan diikuti oleh akademisi, peneliti, mahasiswa, pegawai negeri sipil, swasta serta anggota masyarakat lainnya. Selain itu, Konferensi ini akan dilakukan dalam tiga bahasa, yaitu Melayu, Arab dan Inggris.

Adapun UNISSA didirikan pada tahun 2007 sebagai Universitas Islam. Universitas ini terletak di daerah Gadong, Brunei Darussalam. Selain major Bahasa Arab, di UNISSA juga dibuka major untuk Usuluddin, Shariah, Hukum Islam dan Islamic Finance. Saat ini banyak mahasiswa dari Indonesia yang melanjutkan studi ke UNISSA, baik di tingkat S1 ataupun S2.

 Usaha untuk mengadakan pusat perguruan tinggi Islam di Negera Brunei Darussalam telah dimulai dengan pendirian Institut Pengajian Islam (IPI) di bawah Kementerian Hal Ehwal Ugama (Kementerian Agama) pada tahun 1989 dan pendirian Fakultas Pengajian Islam di Universitas Brunei Darussalam (UBD) pada tahun 1993. Kedua institusi pengajian tinggi tersebut kemudian dicantumkan pada tahun 1999 dan dikenali dengan nama Institut Pengajian Islam Sultan Haji Omar Ali Saifuddien (IPISHOAS) di bawah UBD.

Karena melihat adanya keperluan dan keinginan untuk pendirian sebuah universitas Islam di Negara Brunei Darussalam, maka Institut tersebut telah dijadikan awal bagi pendirian Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA) yaitu Universitas Kedua di Negara Brunei Darussalam. (fau/bruneitime/miraj)


Back to Top