Gaet Wisatawan Muslim, Taiwan Sediakan Dapur Halal di ‘Resort Long Yun Leisure Farm’

(gomuslim). Perkembangan pariwisata halal kini juga sampai ke Negeri Taiwan. Meski baru seumur jagung, Taiwan terlihat serius dalam langkah-langkah menggaet wisatawan muslim datang ke negara tersebut. Salah satunya dengan menyajikan makanan halal dan sestinasi wisata yang ramah wisatawan muslim, seperti terlihat di Resort  Long Yun Leisure Farm. Resor ini memiliki pemandangan yang indah dengan udara yang sejuk. Resor berada di dekat Alishan National Scenic Area, lereng Gunung Alishan, Taiwan.

Selain pemandangannya yang indah, tempat ini menyajikan makanan halal. Long Yun Leisure Farm telah memiliki sertifikat halal untuk makanannya yang sudah berlangsung selama tiga tahun. Menurut Jaden Pemilik Resort, masakan halal ini juga termasuk dalam menyediakan dapur halal. "Jadi, kami memiliki dua dapur, salah satunya dapur halal ini," katanya. Dalam dua dapur tersebut para koki yang bertugas menggunakan peralatan dan perlengkapan yang terpisah. Bahkan dapur halal memiliki peralatan yang bertulisan halal, seperti di mangkuk dan piring.

Selain itu, masakannya terpantau langsung oleh sang pemilik karena sang koki adalah istri pemilik resor. seperti dilansir dari publiaksi Tripadvisor, Masakan yang disajikan pun tidak asing dengan lidah orang Indonesia, seperti telur dadar, udang, sayuran lokal, capcay seafood, krupuk, serta teh lokal. "Kami memang sengaja memasak masakan Indonesia. Istri saya yang memasaknya," ujar sang pemilik resor.  Dalam resort ini, pengunjung dapat melakukan aktivitas membuat kue moci dan jelly dari buah aiyu serta menjelajah kawasan Alishan National Scenic Area.

Kawasan lain di Taiwan yang menarik untuk dikunjungi dan memiliki sertifikat halal di antaranya Forest 18 Leisure Farm di Nantou dan Zouye Cottage Farm di Maoli. Zhuo Ye Cottage termasuk dalam Taiwan Muslim Friendly Leisure Farms. Liesure Farm ini telah mendapat sertifikat dari "The Chinese Muslim Association" dalam menyediakan makanan halal bagi wisatawan muslim. Kunjungan lainnya yang menarik di Taiwan yakni Toucheng Leisure Farm, sebuah kawasan wisata pertanian. Anda bisa melihat kebun dan sawah sebagai upaya menjaga kelestarian alam. Selain itu, tempat ini memiliki aktivitas menarik seperti membuat lampion yang diterbangkan ke udara, mewarnai sendiri kemeja dengan bahan alami dari daun. Tidak hanya itu, ada juga satu kawasan yang menarik adalah Forest 18 Leisure Farm memiliki aktivitas menarik yakni membuat lotion anti nyamuk sementara di Sanfu Leisure Farm yang menampilkan kopi berwana ungu.

Taiwan pun kini terlihat semkain serius menggaet wisatawan muslim. hal tersebut terlihat dari data Kantor Perdagangan dan Ekonomi Taipei (TETO) di Jakarta mencatat saat ini di Pulau Formosa ada 87 rumah makan dan lembaga wisata yang telah mendapat sertifikat halal. Bahkan, Biro Pariwisata Taiwan telah menyediakan tempat ibadah, kamar kecil, serta sarana lainnya di 13 kawasan wisata alam Taiwan sehingga kaum muslim yang ingin berwisata ke pulau ini mendapatkan kenyamanan, ketenangan, dan keamanan.

Adapun, perkembangan pariwisata halal di Taiwan ini semakin pesat, meskipun  mayoritas penduduk beragama Buddha, Taoism, dan agama rakyat Cina, sedangkan jumlah kaum muslim sebanyak 170 ribu orang dari total populasi 23,4 juta. (fau/an/tripadv/dbs)


Back to Top